“Pinch Harmonics”; Cubitan yang Bikin Gitar ‘Menjerit’

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Foto : Google

Compusiciannews.com – Dalam permainan gitar, ada banyak teknik yang digunakan oleh para gitaris untuk menciptakan beragam suara sehingga permainan terkesan lebih dinamis, salah satunya adalah pinch harmonics atau squeal, yaitu teknik membuat suara gitar seakan ‘menjerit’. Meski merupakan teknik yang begitu populer, rupanya pinch harmonics masih menjadi pekerjaan rumah bagi para pemula.

Teknik pinch harmonics sendiri berawal dari teknik memainkan gitar klasik dengan cara mencubit senar. Namun lama kelamaan, teknik ini diaplikasikan pula pada gitar elektrik karena suara unik yang dihasilkannya, apalagi saat ditambah dengan efek distorsi yang menjadikan suara gitar terdengar lebih melengking. Nah, sekarang bagaimana cara memainkannya?

Pertama, posisikan tangan kiri pada fret mana saja dan tekan senar; Sebagai tips, gunakan senar ke-3 hingga 6 untuk suara yang lebih ‘keluar’. Kedua, pada tangan kanan, pegang pick lebih dalam; Hanya sisakan ujung pick untuk memetik senar. Ketiga, lakukan picking atau petikan; Jangan ragu dalam memetik agar suara terdengar lebih solid dan berkarakter. Keempat, segera tahan senar yang masih bergetar dengan jempol tangan kanan setelah melakukan picking. Jika tekanan pada senar seimbang dengan getaran hingga muncul suara squeal, maka selamat! kamu sudah berhasil melakukan teknik pinch harmonics dengan benar!

Ada pula tips lain yang bisa diterapkan untuk membuat permainan pinch harmonics lebih bervariasi. Setelah mendapatkan suara ‘menjerit’ yang pas, kamu bisa menggabungkannya dengan teknik lain, seperti vibrato (menggerakkan senar untuk menghasilkan nada yang bergetar) atau bending (melengkungkan senar untuk menaikkan/menurunkan nada).

Cukup sederhana, namun susah-susah gampang untuk menguasainya. Begitulah kira-kira pinch harmonics jika dirangkum menjadi satu kalimat. Tetapi jika sudah mahir, teknik ini akan sangat berguna khususnya saat ber-solo ria agar permainan tidak monoton. Untuk detail dan contohnya, silahkan tonton video disini. Selamat mencoba!

Facebook Comments