Mau Tau Cara Bikin Webinar? Yuk Ikuti Langkah-Langkah Ini

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Foto : YouTube (StreamGeeks)

Compusiciannews.com – Selama masa pandemi, segala kegiatan yang bersifat menarik kerumunan orang dibatalkan, hingga akhirnya  muncul untuk menggelar semacam perkumpulan virtual dengan aplikasi pertemuan virtual Zoom yang akhir-akhir ini paling banyak digunakan. Namun bagaimana pertemuan virtual ini bisa didistribusikan secara luas, seperti lewat platform streaming?

Kali ini CN akan mengulik bagaimana sebuah pertemuan daring Zoom dapat di-streamingkan secara luas. Salah satunya adalah dengan menghubungkan aplikasi Zoom dengan OBS (Open Broadcaster Software). Dengan menghubungkan Zoom dan OBS akan memungkinkan kamu untuk menghasilkan produksi video yang HQ(High-Quality) untuk nantinya di-streaming-kan.

Dilansir dari sebuah kanal YouTube, StreamGeeks, langkah awal dalam proses ini adalah mengunduk aplikasi VirtualCam for OBS yang bisa diperoleh dengan mudah disini.  Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya layaknya saat kamu mengunduh sebuah file atau perangkat lunak. VirtualCam ini nantinya akan mengambil gambar grafik video dari Zoom dan didistribusikan ke OBS untuk nantinya bisa di-streaming-kan

Kemudian kamu bisa pasang kabel audio virtual di Windows PC kamu dengan mengunduhnya disini. Kabel audio virtual ini sangat berguna untuk produksi video dan audio dalam berbagai cara. 1 kabel audio virtual digunakan sebagai input mikrofon kedalam  Zoom. Kabel audio virtual ini nantinya akan diseleksi pada pengaturan di aplikasi Zoom sebagai mikrofon dan speaker. Lalu, kamu juga harus menghubungkan kabel audio virtual ini ke OBS dan mengatur arah jalannya audio didalam pengtaturan audio advance. Kamu juga perlu menggunakan salah satu kabel audio sebagai pilihan output monitor didalam OBS.

Tahap berikutnya adalah memilih VirtualCamera didalam Zoom. Didalam OBS, kamu bisa klik menu Tools Drop-down dan membuka VirtualCam. Kamu perlu untuk klik tombol start dan pilih driver webcam virtual yang akan kamu gunakan sebagai output video. Saat kamu sudah klik  tombol start, output dari OBS akan dikirm ke aplikasi apapun mengginakan driver webcam virtual. Pilih driver webcam virtual didalam Zoom dan nyalakan videonya

Tahap terakhir adalah menghubungkan kabel audio virtual ke dalam Zoom dan OBS.  Ini adalah tahap yang paling rumit dari proses menghubungkan Zoom dengan OBS. Pertama, pastikan kamu sudah memasang 2 kabel unik audio virtual A dan B pada komputer PC kamu yang membantu konektivitas Zoom dan OBS. Pada aplikasi Zoom,  pilih satu kabel audio virtual untuk mikrofon dan satu untuk speaker. Pada OBS, tambahkankabel audio virtual ke sistem audio pada area pengaturan. Kemudian masuk ke pengaturan audio advance dan monitor input audio sehingga kamu dapat audio balik ke Zoom.

Facebook Comments