Terganggu Sama Noise Saat Tampil? Coba Cek 6 Komponen Ini Pada Gitar Elektrik Kamu

Spread the love
  •  
  •  
  •  

Foto : Google

Compusiciannews.com–  Noise atau hum merupakan permasalahan yang kerap dihadapi para gitaris. Bunyi dengung yang muncul pasti terasa mengganggu karena suara gitar yang keluar dari amplifier jadi kurang enak didengar. Noise biasanya terjadi karena terdapat gangguan dari gelombang elektromagnet yang dipancarkan oleh alat-alat elektronik. Namun terkadang masalahnya justru terletak pada gears kita sendiri, seperti efek, amplifier, pickup, shielding, wiring yang kurang baik, dan power supply.

Noise yang disebabkan oleh efek gitar dan amplifier umumnya terjadi karena kerusakan komponen di dalam. Kerusakan yang semakin parah tentu membuat noise semakin terdengar. Jika begitu, mungkin ini waktu yang tepat untuk mengganti efek dan amplifier dengan yang baru, atau memperbaikinya jika memungkinkan. Tetapi perlu diingat bahwa amplifier tidak dibuat sama. Beberapa amplifier dibuat mengikuti tegangan listrik wilayah dimana amplifier itu diproduksi. Jadi amplifier buatan Amerika mestinya berbeda dengan buatan Eropa, maka dari itu, sebaiknya pilih dengan cermat agar noise tidak terjadi lagi.

Pickup yang baik tentu tidak akan menimbulkan noise berlebih, tapi jika pickup justru menjadi sumber noise maka ada yang tidak beres pada komponennya. Coba cek kondisi kawat, baseplate, magnet, pole piece, dan lainnya. Pastikan komponen pickup tidak geser saat digerakkan. Jenis pickup single coil biasanya lebih rawan noise dibanding tipe humbucker, tapi dengan setting yang tepat tentu noise bisa diminimalisir.

Shielding dan wiring juga turut berperan penting dalam mengurangi noise. Rongga tempat elektronik pada bodi gitar harus di-shielding agar gangguan gelombang elektronik tidak masuk ke elektronik gitar. Shielding bisa dilakukan dengan material konduktif, contohnya shielding paint, selotip tembaga, dan selotip aluminium. Wiring atau pengaturan kabel antar komponen yang benar dan rapi tentunya juga membantu menghalau bunyi dengung yang tak diinginkan. Kualitas kabel yang baik dan panjang kabel yang cukup akan memberi hasil signifikan.

Yang terakhir adalah power supply. Jangan tergiur power supply/adaptor dengan harga murah. Bisa saja adaptor tersebut bukan dibuat khusus untuk efek gitar melainkan untuk router WiFi atau alat elektronik lain. Memang untuk memiliki sebuah adaptor yang arusnya stabil, kamu harus merogoh kocek agak dalam. Tapi jika adaptor tersebut mampu mengurangi noise dan mendukung performance kamu, mengapa tidak?

Selain cara diatas, bisa juga menggunakan noise gate/suppressor yang ditempatkan paling akhir pada urutan efek. Khususnya untuk gitaris yang sering menggunakan efek distorsi dengan volume dan gain besar, suppressor akan sangat berguna untuk memotong sebagian besar noise yang muncul.

Pada dasarnya noise tidak bisa sepenuhnya dihilangkan, tapi dapat diminimalisir dengan cara-cara tertentu. Lagipula, noise biasanya akan tertutup oleh suara instrumen lain saat dimainkan bersamaan. Jadi, dengan sedikit perbaikan pada gears, noise tidak akan lagi jadi masalah.

Facebook Comments