Tips Menulis Lagu Orisinil ala Alm Glenn Fredly

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Foto : Cultura

Compusiciannews.com – Tak terasa sudah hampir empat bulan musisi Tanah Air Glenn Fredly meninggal dunia. Meski begitu, hingga kini karya-karyanya masih terkenang, lagu-lagu ciptaannya masih sering wara-wiri di berbagai media. Selama hidupnya, mendiang dikenal sebagai sosok yang sangat baik dan rendah hati oleh orang-orang di sekitarnya termasuk para selebritis.

Hal itu juga terbukti ketika sang penyanyi yang juga aktivis musik tersebut ditanya soal kebiasaan saat menulis lagu hingga terlahir hits seperti “Januari” dan “Kasih Putih”. Statusnya sebagai penyanyi papan atas pun tak lantas membuatnya ragu berbagi tips kepada mereka yang ingin mulai menulis lagu sendiri.

Bernama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo,  penyanyi berdarah Maluku kelahiran Jakarta, 45 tahun silam itu menyebutkan bahwa ada lima hal yang biasa ia lakukan ketika menuangkan ide-idenya menjadi sebuah lagu.

Pria yang jmuga mantan coach ajang pencarian bakat The Voice Indonesia tersebut  menuturkan bahwa menemukan tempat yang nyaman sangatlah penting untuk mengawali proses ini. Rasa nyaman akan memudahkan kita untuk fokus pada hal yang sedang dikerjakan.

Selain tempat yang nyaman, referensi dari buku juga bermanfaat bagi seorang penulis lagu sebagai bahan inspirasi. Perkaya referensi dengan banyak membaca buku agar terus muncul ide-ide baru yang bisa diceritakan lewat karya kita.

Tips ketiga yaitu sebisa mungkin tidak mendengarkan lagu orang lain. Menghindari mendengarkan karya orang lain saat menulis lagu kita sendiri sangat membantu dalam menemukan gaya dan ciri khas sebagai penulis, sehingga karya kita akan terasa lebih orisinil.

Kadang musisi sekelas Glenn Fredly pun merasa bosan di tengah proses menulis. Jika mulai jenuh, ia tidak akan memaksakan diri menyelesaikan lagu itu dan memilih berhenti sementara hingga kembali mood lagi.

Yang terakhir, pastikan kita bekerjasama dengan orang yang tepat. Penting sekali mempertimbangkan dengan siapa kita akan bekerjasama dalam membuat lagu agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan sampai partner menulis justru menjadi penghambat bagi kita untuk tetap kreatif.

Facebook Comments