Bosan Saat Lockdown, Pria Ini Sulap Papan Rak Jadi Gitar Elektrik

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Foto : YouTube

Compusiciannews.com – Mungkin ini yang disebut gabut berfaedah. Di tengah lockdown akibat pandemi Covid-19, seorang  pria asal Brussel, Belgia membuat sebuah gitar sendiri dengan memanfaatkan furnitur yang ada di rumahnya. Ia mengunggah sebuah video yang memperlihatkan tahap demi tahap pengerjaan gitar lewat akun Youtube-nya, Tchiks Guitars and Furniture.

Video berdurasi sekitar 26 menit tersebut menunjukkan pengerjaan gitar dari awal sampai akhir. Diawali dari memilih papan rak, mendesain bentuk gitar, memotong dan mengamplas setiap bagian gitar, hingga memasang elektronik dan finishing. Semua ia garap sendiri tanpa bantuan orang lain, hanya putri kecilnya yang beberapa kali terlihat ikut menemani sang ayah merakit gitar.

Gitar elektrik yang dibuat secara handmade itu didesain menyerupai Gibson ES series dengan body semi hollow-nya yang khas, ukuran panjangnya 24,75 inci, 22 jumbo frets, dan sepasang pickup Seymour Duncan di neck dan bridge. Disebutkan pula jenis kayu yang digunakan untuk setiap bagian mulai dari neck, bagian depan, belakang, dan samping bodi gitar, hingga fretboard.

Sesuai informasi yang diberikan sang pemilik kanal pada kolom deskripsi, ia mengaku butuh waktu sekitar dua bulan untuk menggarap gitarnya dari nol sampai siap dimainkan. Proses pembuatan gitar itu sendiri disebutnya sebagai ‘terapi’ saat bosan di rumah karena toko kayu tempatnya turut ditutup karena pandemi. Meski terlihat indah, ia tak berniat menjual gitar buatannya tersebut kepada siapapun.

“Aku mungkin akan mewariskan (gitar) ini kepada anak-anakku suatu hari nanti, sebagai pengingat bahwa kerja keras bisa (membuahkan hasil yang) memuaskan ,” ungkapnya dalam video

Facebook Comments