Nggak Nyaman Saat Nyanyi? Ini 6 Kesalahan yang Jadi Penyebabnya

Spread the love
  •  
  •  
  •  

Foto : Google (Amy Lee)

Compusiciannews.com – Terkadang saat bernyanyi,   kamu merasa kurang nyaman dengan suara sendiri. Padahal sudah latihan berkali-kali dan lagu tersebut pun begitu familiar bagi kita. Pemanasan? Sudah. Hafal lirik? Sudah. Menghindari konsumsi makanan dan minuman tertentu? Juga sudah, tapi suara masih kurang enak didengar dan kurang menyatu dengan musiknya. Bisa jadi ini karena ada kesalahan pada cara bernyanyi kita.

Dalam unggahan videonya di YouTube, pelatih vokal kenamaan Indra Aziz membahas beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang penyanyi dalam membawakan lagu. Seperti yang dijelaskan oleh pemilik akun YouTube VokalPlus itu, ada enam kesalahan yang umum terjadi saat seseorang menyanyikan lagu sebagai berikut:

1. Vokal meleset dari nada dasar

Saat bernyanyi sering merasa nadanya terlalu tinggi atau terlalu rendah. Mestinya setiap lagu mempunyai nada dasar yang bisa dicocokkan dengan range suara kamu. Maka sesuaikanlah dengan cara menaikkan atau menurunkan nada dasar (transpose) hingga pas dengan suara kita.

2. Kurang menguasai teknik nafas

Terdengar seperti kehabisan nafas ketika bernyanyi. Hal tersebut menandakan bahwa kamu belum menguasai manajemen nafas yang baik. Kuncinya adalah terus melatih nafas agar lebih panjang dan seimbangkan antara penggunaan suara bulat dengan suara falsetto.

3. Otot rongga mulut menegang

Cepat lelah saat bernyanyi. Ini disebabkan oleh ikut menegangnya otot-otot yang tidak perlu, misal ketika improvisasi. Ada yang mengalami pegal pada rahang hingga nyeri ulu hati. Buang semua ketegangan yang tidak perlu dan sedikit stretching ringan sebelum perform dapat membantu.

4. Artikulasi kurang jelas

Nyanyian kamu terdengar tidak lepas, biasanya karena artikulasi yang kurang jelas. Hal ini dapat mempengaruhi bagaimana pesan dan cerita lagu tersampaikan pada audiens. Perbaiki artikulasi agar suara tedengar lebih mantap.

5. Memaksakan tone suara

Memaksakan tone suara yang jauh berbeda dari tone alami kamu. Misal vokal clean yang dipaksakan menjadi serak. Maka belajarlah menerima dan mencintai tone suara kamu sendiri dengan terus berlatih. Karena jika terus dipaksakan, dalam jangka panjang kesalahan ini bisa merusak vocal cord kamu. Hati-hati ya!

6. Kurang Penguasaan Teknik Vokal

Merasa kesulitan saat membawakan sebuah lagu. Mestinya bernyanyi merupakan sesuatu yang mudah bahkan enjoyable bagi seorang penyanyi. Tapi Jika kelima hal di atas sudah bisa diatasi tapi menyanyi masih terasa seperti beban, berarti kamu perlu kembali mengasah teknik vokal kita.

Facebook Comments