Konser 7 Ruang, Wadah Bagi Para Insan Musik dan Seni Berkarya di Masa Pandemi

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Foto : Konser 7 Ruang

Compusiciannews.com  – Salah satu industri hiburan Tanah Air yang terhantam oleh pandemi Covid-19 adalah konser  dikarenakan  protokol tetap kesehatan yang tidak memungkinkan untuk menggelar acara yang mengundang kerumunan orang yang banyak, namun hal ini bukan menjadi halangan bagi salah satu penyelenggara acara di Ibu Kota, DSS Music.

Dilansir dari sebuah situs, pemilik dari Studio DSS Donny Hardono memiliki inisiatif bahwa konser tetap bisa digelar namun secara virtual, seperti yang dia lakukan beberapa minggu terakhir ini. Dengan diadakannya konser virtual dengan tajuk “Konser 7 Ruang” ini dapat memberikan kesempatan bagi para insan musisi dan para pekerja seni agar bisa terus berkarya di masa pandemi ini

“Konser 7 Ruang” ini merupakan tayangan langsung dengan menggunakan platform media sosial YouTube dimana para penampil tetap menerapkan aturan jarak fisik sebagai salah satu protokol tetap Covid-19.  Teknisnya pemain musik dan penyanyi berada di ruangan yang berbeda dan masing-masing ruangan terdapat tim teknis broadcast agar tayangan bisa berjalan semestinya.

Konser ini diladakan rutin setiap minggunya dengan ajakan untuk menyumbang dengan cara memindai QR Code dengan pindaian dari platform pembayaran digital. Biaya konserpun juga berasal dari donasi terbuka. Semua ini dilakukan supaya para pekerja seni pertunjukan tetap berkarya dan bertahan meski ditengah masa-masa sulit.

Donasi yang diterima serta merta diberikan kepada para penampil, pekerja seni dan tim produksi secara adil dan merata. Donny mengatakan bahwa donasi yang terkumpul dari konser virtual ini tidak main-main, berkisar dari Rp  85 juta hingga Rp 120 juta. Penampil yang dilibatkan pun juga berasal dari para legendaris, seperti Cockpit, Vina Panduwinata dan masih banyak lagi

Donny juga mengaku bahwa tidak mudah untuk menggelar konser virtual, kendala  utamanya ada pada jaringan internet yang belum stabil di Indonesia pada umumnya, belum lagi peralatan pendukung lain, tapi DSS Music memenuhi syarat itu, ditambah studio DSS sendiri terdiri dari tiga rumah yang jadi satu sehingga memungkinkan kualitas gambar dan suara baik.

Selain Cockpit dan 7 Bintang + Vina Panduwinata, ada banyak artis, band, grup vokal maupun proyek kolaborasi yang telah tampil dalam Konser 7 Ruang. Antara lain, Elfa’s Singers, Second Born, Fariz RM, The Soulful, Inul Daratista, Andre Hehanusa.

Facebook Comments