Tingkatkan Skill Gitar Hanya Bermodal Instagram, Bisa Kok!

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Foto ilustrasi (Google)

Compusiciannews.com – Bagi gitaris yang sudah khatam, nge-jam setiap hari merupakan cara untuk terus mengasah skill bahkan menciptakan lagu. Namun, bagi gitaris pemula, memperbanyak latihan adalah kuncinya. Tidak sekedar meningkatkan speed atau bermain chord, seorang pemula perlu menambah wawasan serta teknik agar permainan semakin ciamik.

Mungkin agak membosankan jika belajar teknik dan teori melalui buku dan teks. Jika begitu, maka video tutorial lah jawabannya. Tapi sayangnya, banyak video tutorial latihan yang tidak disertai dengan tab atau informasi lain yang dibutuhkan. Belum lagi durasi yang cukup lama karena penjelasan yang terlalu bertele-tele di depan.

Nah, kalau video latihan dengan konsep to-the-point yang kamu cari, kini sudah banyak gitaris-gitaris handal yang rutin mengunggah  video singkat untuk latihan bagi pemula di akun Instagram mereka. Salah satunya adalah akun bernama @axe_insight. Akun Instagram milik pria bernama Maxime Monfort ini menyajikan video-video berdurasi pendek yang dilengkapi dengan tab dan keterangan sehingga cocok digunakan untuk latihan pemula.

Pemanasan jari sebelum bermain, latihan sinkronisasi tangan, latihan teknik picking seperti sweep dan economy picking, contoh lick dari yang mudah sampai rumit, hingga posisi bermacam-macam scale pada gitar pun menghiasi kontennya. Bahkan pria berkebangsaan Perancis ini pernah mengunggah sebuah video dimana ia memainkan scale asli Indonesia yakni Pelog.

Unggahan itu pun menuai banyak tanggapan positif, khususnya dari netizen Indonesia. Wajar saja, karena memang jarang sekali ada musisi luar yang mengenali scale yang kerap digunakan dalam lagu tradisional Jawa dan Bali tersebut. Bahkan pemilik akun dengan 33 ribu pengikut itu mengakui, ia begitu menyukai sound dari scale Pelog karena terkesan sangat misterius. Tidak hanya Pelog dari Indonesia, ia juga telah mengeksplor beragam scale khas dari berbagai negara di seluruh dunia, contohnya scale musik tradisional Jepang, India, dan Persia.

Untuk lebih lengkapnya, langsung saja kunjungi akun Instagram Maxime (@axe_insight) dan kanal Youtube-nya di “Axe Insight”.

Facebook Comments