YouTube Mulai Garap Fitur Belanja Online Ala E-Commerce

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Foto : Techcrunch

Compusiciannews.com – Mengikuti jejak Facebook dan Instagram, YouTube dikabarkan sedang mempersiapkan fitur belanja online. Fitur ini disebut bakal mengubah situs berbagi video terbesar itu menjadi sebuah katalog besar yang memungkinkan penggunanya untuk berbelanja secara langsung, tanpa perlu membuka aplikasi maupun laman lain.

Dikutip dari Bloomberg, YouTube kini tengah menjalankan uji coba pertamanya dengan melibatkan kreator konten dalam jumlah terbatas. Mereka diminta untuk menyisipkan penanda (tag) dan menelusuri produk-produk yang muncul dalam video. Tag itu kemudian akan ditautkan degan sistem analitik dan terhubung dengan fitur Google Shopping, sehingga produk incaran bisa langsung dibeli oleh pengguna.

Para kreator terpilih itu nantinya bisa bebas mengatur produk-produk yang ditampilkan di video unggahan mereka. Selain itu, meski masih dalam tahap eksperimen, YouTube sudah mulai menawarkan paket berlangganan fitur mirip Facebook Shops tersebut kepada setiap saluran yang terlibat dalam uji coba ini. Dari setiap transaksi, anak perusahaan Google itu akan mendapat komisi sebesar 30 persen.

Hingga kini belum ada informasi mengenai detail mekanisme kerjanya maupun tanggal rilis, namun fitur ini digadang-gadang berpotensi mengantarkan YouTube menjadi pesaing e-commerce raksasa macam Amazon dan Alibaba.

“YouTube merupakan salah satu aset yang paling sedikit dimanfaatkan,” ungkap Andy Ellwood, pendiri platform jual beli online Basket. “Kalau mereka memutuskan untuk berinvestasi di dalamnya, ini bakal jadi peluang besar,”

Sejak berbulan-bulan lalu, Google telah memberi isyarat bahwa YouTube akan menjadi pusat strategi jual beli online mereka. Bahkan CEO Google, Sundar Pichai berpendapat banyaknya video unboxing berbagai produk populer yang diunggah bisa menjadi peluang bagi YouTube untuk mulai merambah dunia e-commerce.

Facebook Comments