Via Vallen Jiplak Video Klip IU, Netizen; “Take Down, Please!”

Spread the love
  •  
  •  
  •  

Compusiciannews.com – Via Vallen  kembali merilis single terbarunya “Kasih Dengarkanlah Aku.” Dalam single ini, Via berduet dengan Dyrga Dadali. Berdasarkan pantauan compusiciannews.com, video klip yang diunggah 18 jam lalu sejak berita ini diturunkan telah menarik lebih dari 93 ribu penonton virtual. 

Namun video klip ini menuang cibiran dari para netizen dikarenakan konsep video klip yang dipakai untuk single ini mirip dengan video klip dari penyanyi Korea Selatan, IU, dalam single-nya berjudul “Above The Time (시간의 바깥).”

Bagian yang disorot  oleh para netizen adalah adegan menuangkan air dan menjatuhkan bulu yang dinilai sangat mirip. Selan itu adegan dansa antara Via dan Dyrga juga sebelumnya ada di video  klip milik IU. Dari semua kemiripan konsep video klip antara Via Vallen dan IU, yang membedakan ada pada penampilan duetnya saja, di video klip “Above The Time,”  IU tampil solo saat menyanyikan lagunya.

Karena kemiripan inilah, reaksi netizen memanas, baik di kolom komentar kanal YouTube ascadamusic dan juga di media sosial Twitter.  Seruan “Take  down, please!” keluar dari para netizen baik di kanal YouTube maupun di media sosial Twitter

Salah satu komentar dari netizen berbunyi “dude isn’t Indonesia ashamed of this plagiarism? embarrassed, very embarrassed you know”  tulis nama akun di Youtube bernama Nabila Talia

Pemilik kanal YouTube  dalam hal ini memberikan pernyataan resmi di kolom komentar menanggapi isu plagiarisme yang dilakukan. Dalam hal ascadamusic menyatakan bahwa pihaknya  menerima seluruh konsep/ide video klip yang ditawarkan oleh pihak sutradara. Adapun dari hasil akhir video klip tersebut ada kemiripan dengan video klip lain, pihak management sama sekali tidak mengetahuinya, dan pihak managemen sedang meminta klarifikasi dari pihak sutradara.

Ascadamusic juga menekankan bahwa baik Via Vallen dan Dyrga Dadali hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruh aktifitasnya diarahkan oleh sutradara. Kedua penyanyi  tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep idea video klip.

Facebook Comments