Saatnya Investasi di Pendidikan Musik

Spread the love
  •  
  •  
  •  
Suasana Belajar Musik Teknologi di Sekolah Musik Indonesia

Compusiciannews.com – Pandemi covid 19 yang terus berlangsung hingga hari ini, mengubah pendidikan secara luar biasa. Setiap pendidik termasuk para orangtua harus mengalami dampak perubahan pendidikan yang terjadi.

Dorongan perubahan yang terjadi akibat pandemi covid 19 sebenarnya justu membantu kita untuk meninggalkan mainstream pendidikan saat ini yang mempunyai banyak kelemahan.

Semakin dituntutnya kemandirian belajar dan diunggulnya kreativitas, pemanfaatan teknologi secara optimal, merupakan beberapa dampak positif dari perubahan yang harus dipaksa oleh wabah ini.

Kreativitas saat ini dipercaya sabagai kemampuan tertinggi yang harus dikuasai oleh anak. Kreativitas merupakan bagian dari Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang tidak lagi berhenti pada menghapal.

Dalam menghadapai perubahan ini, para orangtua tentu memerlukan pendidikan yang aman dan efektif bagi anak. Permasalahan-permasalahan sekolah dirumah harus segera ditemukan solusinya agar anak tidak semakin tertinggal.

Salah satu solusi alternatif bagi pendidikan di masa pandemi seperti ini adalah berinventasi di pendidikan musik. Pendidikan musik tentu mempunyai banyak sekali manfaat untuk menumbuhkan kreativitas anak.

Musik memberikan pengaruh yang sangar besar terhadap pembentukan kreativitas pembelajar. Dinamika, keindahan, dan keunikan musik dapat merangsang kreativitas anak.

Musik juga meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, yang sangat berpengaruh terhadap kemampuan belajar anak. Minat belajar anak yang sempat meredup akibat pandemi, dapat dinyalakan kembali melalui pendidikan musik.

Alunan musik yang mengalir juga dapat menjadi terapi untuk melepaskan penat dan jenuh selama pandemi. Selain manfaat pendidikan yang telah terbukti, pendidikan musik juga relatif lebih aman karena dapat dilakukan per orang (one by one).

Pendidikan musik pun tetap asyik dilakukan via online atau mengundang guru ke rumah dengan prokotol kesehatan. Pendidikan musik juga menjadi pintu masuk industri kreatif yang berkembang sangat pesat saat pandemi seperti.

Pembelajar dapat menyalurkan hobinya, menjadi sebuah karya yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang. Potensi ekonomi kreatif yang besar ini juga dapat dimanfaatkan oleh para orangtua untuk mengajarkan entrepreunership pada anak sejak dini.

Melalui karya-karyanya anak-anak juga dapat belajar kritis terhadap situasi yang terjadi disekitarnya. Musik dapat menjadi media menyuarakan isi hati, gagasan, maupun kritikan.

Facebook Comments