4 Langkah Yang Harus Dihindari Selama Produksi Musik

 

CompusicianNews.com –Studio- Banyak faktor yang mengkontribusi produksi musik yang berhasil, termasuk lagu-lagu yang luar biasa, permainan yang terinspirasi, potongan rekaman yang terasah, sterling mix dan mastering yang professional. Sayangnya setiap langkah dalam dalam proses memberikan pengaruh yang cukup potensial yang dapat merusak projek musik anda. Dan berikut ini  penyebab projek kegagalan projek yang harus anda hindari:

Memilih Teman Dalam Tim Produksi – Mungkin suatu yang umum jika kita memberikan peluang bagi teman kita dalam projek musik namun jika teman anda tidak bisa menghasilkan hasil yang signifikan dan anda sebagai teman merasa enggan untuk memecat, anda akan terus tertekan dengan hasil produksi anda yang rusak dan hal itu juga dapat mempengaruhi persahabatan anda. Apalagi setelah masuk ke tahap seleksi dimana tahap ini akan melibatkan  eksekutif rekaman, publisher dan supervisor musik dan mereka  akan memerhatikan secara detail hasil rekaman anda dan harus diperhatikan, segala macam ‘cela’ yang ada bisa menjadi pengaruh yang berpotensi karya anda diragukan oleh para ahli.

Penyanyi Auto-tune – Jika anda akan memilih seseorang untuk menyanyikan lagu anda, pastikan anda mendengarkan 3 demo lagunya dengan style bermusik anda karena sekarang dengan teknologi, suara dapat dimanipulasi. Dengan menggunakan teknologi rekaman sekarang, siapapun dapat bersuara luar biasa. Pastikan juga, tim anda mampu membuat efek serupa.

Melewati Rekaman Improvisasional Pra-Produksi kadang masih dapat menghasilkan hasil yang memukau, khususnya selama penulisan lagu dan proses aransemen. Tapi jika anda menambah kru untuk menyelesaikan track anda, pastikan anda sudah memiliki rencana anggaran sebelum anda mengeluarkan banyak biaya yang harusnya tidak perlu. Dan jika anda melewati proses pra produksi, pastikan lagi kualitas hasil sound anda, seperti key, struktur harmonisasi, dan chart-nya sebelum tanngal perilisan

Memburu-buru proses alur kerja oleh klien cukup membuat frustrasi dan hasil yang ada mungkin tidak maksimal. Pastikan anda sudah memikiki time-management yang direncanakan sehingga hasilnya dapat maksimal dan tepat waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *