40 Tahun Berkarya, Sundari Soekotjo Gelar Konser

 

Compusiciannews.com -Panggung- Siapa yang tidak mengenal Sundari Soekotjo. Sosok penyanyi keroncong tanah air yang sudah melegenda, tahun ini beliau telah genap menapaki 40 tahun berkarier di dunia musik Indonesia. Untuk perayakan 40 tahun dia berkarya, Sundari akan menggelar konser bertajuk Senandung Keroncong Indonesia: Sundari Soekotjo 40 Tahun Berkarya, di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta, pada 21 April 2016.

Dalam konser ini Sundari mengajak beberapa musisi lintas generasi dan dari berbagai jenis musik untuk bisa menghadirkan interpretasi lain dari musik kroncong. Ikke Nurjanah, Rossa, Kunto Aji, Didi Kempot, dan DJ Winky Wiryawan akan ikut memeriahkan konser sang penyanyi legenda ini.

“Bertepatan dengan hari Kartini, rasa syukur karena diberi kesehatan. Saya merasakan 40 tahun berkarya di bulan kelahiran saya. Bahwa musik keroncong masih ada dan masih banyak penggemarnya. Untuk itu, di sini saya mengajak masyarakat dan generasi muda supaya menghargai musik keroncong,” kata Sundari dalam jumpa pers di kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Sebagai music director dalam konser ini, Dwiki Dharmawan mendapatkan kehormatan untuk bisa menanganinya. Sebanyak 40 musisi pengiring disiapkan Dwiki untuk bisa menghasilkan sajian musik yang menawan.

“Awalnya saya sedikit galau, karena saya bukan ahli musik keroncong. Rupanya Bu Sundari dan Intan tidak melihat saya sebagai ahli musik keroncong, tapi menghendaki ada revitalisasi dan kelanjutan,” ungkap Dwiki.

Selain itu, Dj Winky Wiryawan juga akan membalut musik keroncong dalam sajian EDM. 

“Saya akan nge-mix dan mash-up lagu keroncong. Membalut dengan elektronika dan unsur hip-hop,” kata Winky.

Keterlibatan musisi muda ini diharapkan akan membawa musik keroncong bisa diterima oleh generasi muda. Mengajak berkolaborasi para musisi yang relevan terhadap tren musik saat ini, merupakan salah satu strateginya untuk melestarikan keroncong.

“Generasi muda punya budaya sendiri. Tapi ternyata memperdengarkan musik keroncong kepada generasi muda tidak mudah. Saya membuat Yayasan Keroncong Indonesia yang memikirkan bagaimana keroncong bisa didengarkan anak muda. Caranya dengan cross-genre musik. Ini pertama kali diadakan pentas keroncong dengan menyasar penonton segala umur,” terangnya.

Konser ini didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata, dengan harapan komunitas keroncong bisa dikelola secara lebih profesional dan terorganisir sehingga dapat dijadikan agenda pariwisata.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *