400 Jam Musik Dari Sebuah Turnamen Tenis

 

CompusicianNews.com –Studio- Musisi dan penulis lagu Amerika, James Murphy masih tetap sibuk meskipun pensiun dari grupnya LCD Soundsystem di tahun 2011, dengan proyek yang berkaitan dengan penulisan musik untuk film, menghasilkan album Yeah Yeah Yeah dan bekerja dengan Arcade Fire. Dan selama beberapa minggu kedepan, dia berencana untuk menambah 400 jam musik baru ke katalognya

Murphy akan berkolaborasi dengan IBM, Ogilvy & Mather New York dan Patrick Gunderson, seorang developer di perusahaan peralatan produksi digital, pada “US Open Seasons,” sebuah projek yang akan mengubah masing-masing permainan dari turnamen tenis kedalam scoring elektronik yang distreamingkan secara langsung, dan kemudian nantinya Murphy akan meng-editnya untuk disusun dalam sebuah album.

Turnamen ini dimulai pada 25 Agustus lalu hingga tanggal 8 September 2014 yang bertepatan pada hari ini, dan karya Murphy yang telah selesai sejauh ini dimasukan dalam situs web untuk beberapa sesi. Murphy akan membuat musik dengan program yang Gunderson kembangkan dimana ia mengubah aksi permainan, bersamaan dengan data cuaca dan respon suara kedalam suatu algoritma. Murphy akan mengubah algoritma itu kedalam sebuah musik dengan menggunakan interface yang mirip dengan synthesizer yang Gunderson ciptakan untuknya yang memungkinnya dia untuk menerapkan nilai-nilai musik, timbre, ryhtme, durasi, figure musikal dan hook ke masing-masing karya

Proses sisanya diotomasikan; gerakan pemain tenis menghasilkan suara seperti yang sudah Murphy programkan.

 “Kami akan menghasilkan musik selama 400 jam,” kata Murphy dalam beberapa video yang IBM postingkan ke Youtube mengenai penjelasan projeknya. “Maksud saya, saya tidak akan duduk diam disana dan memainkan 400 jam musik. Kami akan mengatur mesin untuk menjalankan musik itu.”

Musiknya sejauh ini terlalu minimalis, dalam sense yang menggambarkan ritme, setidaknya beberapa kasus, diulangi sampai sesuatu dalam game menciptakan perubahan. Tapi karya ini hanya menjadi bagian dari proses Murphy. Dia menjelaskan ke sebuah media cetak setempat bahwa dia akan menciptakan 14 remix dengan menggunakan materi yang ada dan membuatnya tersedia gratis di iTunes, Soundcloud dan Spotify.

 

NYTIMES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *