5 Langkah Awal Belajar Mixing, Check This Out!

 

 

Compusiciannews.com – Studio – Jika Anda tengah mulai menggeluti dunia musik, salah satu yang perlu dipelajari adalah proses mixing. Tak perlu bingung harus bertanya kemana atau memulai darimana, Anda hanya perlu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang kini sudah berkembang pesat.

Berikut 5 langkah awal yang bisa Anda lakukan ketika ingin belajar mixing, diantaranya:

Membaca Buku

Bagi pemula yang memang belajar dari nol, membaca buku jadi pilihan yang paling tepat. Pasalnya, buku akan secara sistematis menerangkan segala keperluan mixing, mulai dari software, hardware, hingga berbagai basic skill sebagai penunjang. Pemahaman teori dasar perihal level, panning, equalizer, compressor, dan lain-lain juga diperlukan.

Pastikan bahwa buku yang Anda baca memang diperuntukkan bagi para pemula sehingga akan mudah dipahami, seperti buku berjudul Mixing for Dummies dan The Mixing Engineer’s Handbook karangan Bobby Owsinski.

Menonton Video

Jika membaca buku akan sangat melelahkan, cobalah menonton video sebagai salah satu cara alternatif. Mixing With the Pros: James Tuttle, Steinberg Internal Mixing, Digital Mixing Revolution, dan Production Mixing Mastering with Waves adalah beberapa judul yang bisa Anda tonton.

Diskusi di Forum Online

Berbeda dengan cara pertama dan kedua yang hanya satu arah, cara ketiga terbilang efektif karena bersifat dua arah. Dengan bergabung pada forum-forum online, maka Anda akan bisa bertanya dan berinteraksi dengan para mixer lain.

Kursus

Cara keempat ini terbilang paling aman. Pasalnya, Anda akan diajari secara langsung oleh pengajar yang berpengalaman dibidang mixing. Namun, faktor biaya adalah salah satu yang menjadi perhatian.

Berlatih

Menjadi rahasia umum bahwa berlatih adalah hal terpenting ketika Anda ingin mempelajari sesuatu, termasuk mixing. Seiring banyaknya permasalahan yang akan Anda temui dalam sesi latihan mixing, maka sebanyak itu pula Anda akan menemukan cara-cara untuk mengatasinya. Jadi, tidak salah jika pengalaman disebut sebagai guru yang paling berharga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *