5 Tips Merekam Permainan Gitar Dengan Mikrofon Ribbon

 

CompusicianNews.com – Studio – Seperti yang kita ketahui bahwa Mikrofon Ribbon memiliki karakter output suara yang bagus untuk merekam suara gitar. Berikut ini 5 tips menggunakan mikrofon ribbon untuk merekam permainan gitar anda:

Tip 1 – Combo Time

Ketika memainkan gitar listik, mikrofon ribbon dapat digabungkan dengan mikrofon lain seperti Sennheiser 421 atau Shure SM57. Sandingkan mikrofon ribbon anda dengan salah satu mikrofon tersebut sehingga akan menghasilkan suara yang bagus. Mikrofon ribbon biasanya menghasilkan suara antara 200 – 2kHz, sedangkan mikrofon lainnya menghasilkan suara yang lebih tinggi. Sehingga perpaduan dari kedua mikrofon itu pas sekali dan menghasilkan suara yang bagus.

Tip 2 – Pan Man

Banyak cara yang digunakan untuk menggerakkan bagian atas mic ribbon sesuai dengan kebutuhan. Ketika hanya merekam satu bagian gitar maka anda akan memisahkan bagian kiri dan kanan. Kemudian mungkin anda akan menambah beberapa reverb atau EQ pada salah satunya saja. Namun jika melakukan multi-tracking, maka anda bisa menggerakkan mic nya perlahan agar menghasilkan suara yang lebih tipis. 

Tip 3 – Playing Favorites

Biasanya mik ribbon menghasilkan suara yang bagus ketika anda menggerakkan tombol fader keatas. Hal yang menarik ketika merekam dengan dua mikrofon karena anda akan memiliki banyak pilihan. Naikkan volume fader untuk mik kemudian lihat gabungan suara yang terjadi. Mik ribbon biasanya menghasilkan suara yang lebih tipis, nada yang lebih lengkap. Menaikkan volume pada mikrofon akan menghasilkan suara yang lebih tajam. Ini semua tergantung permintaan produksinya seperti apa.   

Tip 4 – Figure 8s

Ketika menggunakan Royer 121 Ribbon, anda bisa mengarahkan mik menghadap amp. Kebanyak mik ribbon seperti Royer 121 menggambarkan 8 pola kutub. Ini artinya bahwa mik akan merekam suara dari segala arah baik dari depan maupun belakang. Dan mengijinkan anda menangkap suasana yang ada misalnya miking amp. Sehingga anda harus mendengarkan dengan cermat apakah ruangan yang anda gunakan terdapat suara yang mengganggu, agar anda dapat memanfaatkan mik ribbon jenis ini. 

Tip 5 – Acoustic Time

Mikrofon Ribbon tidak hanya digunakan untuk amp. Mikrofon ini bisa menghasilkan suara akustik yang dasyat. Mulailah dengan merekam suara gitar di sekitar gagang dan lubang suara, kurang lebih 6 inchi jaraknya. Namun itu hanyalah sebuah petunjuk. Pelajarilah dengan mendengarkannnya baik-baik. Banyak-banyaklah mencoba melakukan rekaman agar mendapatkan hasil yang maksimal.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *