5 tahun Berjalan, Instagram Rilis Channel Baru untuk Para Musisi Indie

 

Compusiciannews.com -Isu Terkini- Aplikasi berbagi foto Instagram pada bulan Oktober ini merayakan hari jadinya yang ke-5. Aplikasi yang awalnya diperuntukan untuk pengguna iPhone dan gadget iOS lainnya ini dibuat oleh 2 lulusan Standford University Kevin Systorm dan Mike Krieger dan pada tahun 2012 lalu, jejaring sosial terbesar Facebook mengakuisisi Instagram sebesar US$ 1 Milyar.

Akuisisi Instagram ini meningkatkan penawaran mobile Facebook sementara itu juga mengurangi lawan kompetitornya sebagai sesama jejaring sosial dan semenjak saat itu, pengguna baru Instagram bertumbuh hingga 30 juta pengguna  

Setelah berjalan 5 tahun, pengguna Instagram sekarang telah mencapai 400 juta yang tersebar di seluruh dunia dan di tahun ke-5 ini, Instagram  meluncurkan channel, @music yang telah diluncurkan semenjak 5 bulan lalu. Ide dasar dari dibuatnya channel ini untuk memberikan jalan bagi artis yang baru berkembang dan channel ini telah menarik sekitar setengah juta follower.

Namun menurut sang CEO dan pendiri dari Instagram, Kevin Systorm, musik menjadi aspek yang sangat penting dari aplikasi intesif foto ini yang juga terjadi pada jejaring sosial media lainnya seperti Twitter, Facebook dan Vine.

“Kami tidak pernah mengetahui bahwa musik akan bereran besar dimana sekarang 25% dari akun pengguna kami semuanya berhubungan dengan musik,” begitu pernyataan dari Systorm kepada media BBC. “Kami menyadari terdapat banyak komunitas dari band yang menarik dan musisi di Instagram sehingga itulah alasan kami memberikan @music.”

Systrom sepertinya kurang tertarik untuk menarik artis-artis besar karena alasan yang cukup jelas. “Instagram itu pada awalnya mencari fotografer yang belum dikenal dan itu juga yang kami terapkan di channel baru kami,” lanjut Systorm.

“Musik sebenarnya salah satu media paling menginspirasi untuk kreativitas dan saya rasa hanya masalah waktu saja sebelum musik menjadi lebih dominan di Instagram,” pungkas Systorm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *