9 Manfaat Pendidikan Musik Sejak Usia Dini Bagi Anak-Anak

 

Compusiciannews.com – Pendidikan – Anak-anak terlahir ke dunia ibarat selembar kertas kosong. Pendidikan macam apa yang kita kenalkan pada mereka kelak akan menentukan tingkat kecerdasan dan emosional mereka.

Salah satu yang kini banyak diminati dan terbukti memberikan banyak manfaat pada tumbuh kembang anak adalah pendidikan musik. Mengapa pendidikan musik layak diberikan pada anak-anak sejak usia dini? Apa saja kebaikan atau manfaat yang bisa diberikan? Simak uraian berikut ini!

  1. Bermanfaat dalam pertumbuhan otak anak

Pengenalan musik dan bunyi-bunyian pada anak sejak usia dini akan merangsang pertumbuhan otak anak, khususnya di bagian otak kiri yang memang berpengaruh pada kemampuan berbahasa. Selain itu, kebiasaan memperdengarkan lagu anak-anak sejak balita juga membantu melatih kemampuan anak untuk menyerap informasi di sekitarnya.

  1. Meningkatkan kemampuan spasial dan intelegensi

Musik erat kaitannya dengan intelegensi dan kemampuan spasial, yaitu kebisaan memahami kondisi di sekitarnya secara akurat. Umumnya, anak-anak yang punya kemampuan spasial yang baik akan lebih mudah menangkap pelajaran di kelas dan menyelesaikan soal hitungan Matematika.

  1. Melatih anak lebih kreatif

Musik adalah bagian dari seni dan anak-anak yang terbiasa mendengar atau bermain musik cenderung lebih kreatif. Mereka tidak berpikir dengan kaku, tapi justru lebih luwes menemukan solusi dari berbagai kasus atau masalah yang dihadapi sehari-hari.

  1. Tingkat kecerdasan mereka lebih tinggi

Dalam beberapa penelitian, terbukti bahwa anak-anak yang mengenal musik punya tingkat kecerdasan lebih tinggi daripada anak-anak yang sama sekali “buta” terhadap musik. Tingkat kecerdasan yang tinggi ini bisa diukur lantaran mereka biasanya punya kans lebih tinggi ketika menjalani ujian sekolah, Ujian Nasional, hingga tes masuk perguruan tinggi misalnya.

  1. Menjadikan anak-anak lebih peka terhadap sekitarnya

Mengenalkan anak pada musik dan seni berarti mengajarkan mereka untuk berempati terhadap sekitarnya. Selain menjadikan mereka terbuka dengan nilai-nilai budaya, anak-anak pun akan tumbuh jadi pribadi yang lebih perasa terhadap segala sesuatu yang terjadi di sekitar mereka.

  1. Mereka tumbuh lebih ekspresif dan periang

Akrab dengan bunyi dan berbagai jenis alat musik membuat anak-anak terbiasa untuk mengekspresikan perasaan mereka. Rasa senang atau bahkan sedih sekalipun bisa ditangkap lewat bunyi-bunyian yang mereka mainkan sekenanya.

  1. Lewat musik, anak-anak bisa belajar tentang arti kerja keras

Bermain musik berarti belajar membedakan antara benar dan salah. Saat memainkan instrumen misalnya, anak-anak akan mengerti apakah not yang mereka mainkan benar atau salah. Hal ini akan memacu mereka untuk terus belajar agar bisa memainkan setiap not dengan sempurna.

  1. Melatih kemampuan untuk bekerja dalam tim

Bergabung dalam sebuah band atau orkestra melatih anak –anak agar mengerti pentingnya sebuah kerja tim. Tentang menghasilkan musik yang harmonis, menciptakan kekompakan antar pemain, hingga menentukan jadwal latihan bersama misalnya. Bahkan, hal-hal semacam ini bisa melatih anak agar tumbuh jadi pribadi yang tidak egois dan bisa diajak kompromi.

  1. Belajar mengalahkan rasa takut dan jadi lebih percaya diri

Belajar mengenal alat musik baru lalu adalah latihan untuk mengalahkan rasa takut. Mereka menjadi tidak canggung atau tertutup pada hal baru. Selain itu, terbiasa bermain alat musik akan menjadikan mereka lebih percaya diri dan tak canggung tampil di depan orang lain dan memainkan alat musiknya.

Setelah membaca kebaikan-kebaikan yang bisa didapat di atas, apakah Anda masih ragu untuk mulai mengenalkan musik pada anak sejak usia dini? Tak ada kata terlambat, karena segera memulai jelas lebih baik daripada tidak mencoba sama sekali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *