Acoustic Stream: Melindungi Gitar Anda Dari Cuaca Ekstrim

 

CompusicianNews.com – Gadget – Gitaris mobile sedang mencari cara untuk menangkap momen kreatif kapanpun dan dimanapun dimana mereka hanya memerlukan energi dari smartphone dan meluncurkan aplikasi audio recording. Aplikasi lain dapat menggunakan mikrofon pada handphone untuk memeberikan instrumen pada nada.

Acoustic Stream secara nirkabel berpasangan dengan perangkat pintar iOS yang menjalankan aplikasi rekannya untuk membantu para pemain gitar dengan cepat membuat sebuah pertunjukan streaming pada perangkat mobile atau amplifier. Perangkat ini memberikan kapabilitas tuning yang teliti dan mengirimkan alarm saat ancaman perubahan lingkungan hingga instrumen yang rusak.

Sistem pada Acoustic Stream telah dikembangkan  setelah pemberian dari Bob Bean, Taylor 815C mengalami kerusakan yang serius setelah tidak diperiksa dan ditinggal dalam waktu yang sangat lama.

“Sejujurnya musim dingin di New England bisa sangat parah, tapi saya pikir humidifier dalam case gitar akan melindungi gitar,” jawab Bean. “dan ternyata tidak. Saya sadar bahwa sesuatu perlu ditambahkan. Para musisi membutuhkan cara yang lebih baik untuk melindungi investasi dan peralatan mereka.”

Dia mencari sesuatu yang memungkinkan dia memonitor kondisi gitar akustiknya tapi saat itu dia belum mampu untuk mencari sesuatu yang cocok untuk instrumennya sendiri. Pada bulan November 2012, Acoustic Stream Prototype pertama dilahirkan. Setahun kemudian, aplikasi iOS diciptakan dan sekarang tim pengembang sedang menulusuri kesusksesan Kickstarter dalam membuat sistem kedalam produksi.

Bagian perangkat dari sistem batrey kecil disokong dengan Bluetooth 4.0- yang memiliki sensor elektronik dan sudah built-in yang memonitor kelembapan dan suhu yang berubah, memberikan notifikasi saat tindakan protektif dibutuhkan. Batrey yang sudah on-board dirasa dapat bertahan lama lebih dari 6 bulan setelah di-charge via micro-USB jika hanya dipakai sebagai environmental monitor atau bisa bertahan 8 jam saja jika dipakai untuk proses rekaman, streaming atau tuning saat dipasangkan dengan iOS 7 sebagai aplikasi rekannya.

Perangkatnya dapat ditempatkan didalam gitar akustik via sound-hole dan diamankan dengan Velcro atau isolasi bolak-balik atau double-tape. Bisa juga ditancapkan kedalam flush-mount dengan jack berukuran 0,25-in menggunakan adapter.

Terdapat juga teknologi TapStream dimana hanya dengan tepukan ganda pada sisi luar instrumen akan dengan otomatis menjalankan perangkat rekaman ini yang berjalan saat dipasangkan dengan perangkat iOS. Dalam hal ini, iPhone atau iPad harus dalam keadaan off, dan kemudian lagu-lagu disimpan kedalam memory Acoustic Stream yang sudah ‘on-board’. Dan saat smartphone atau tablet dinyalakan, Acoustic Stream akan mensinkronkan dan mentransfer rekaman.

Sistem ini juga memungkinkan untuk memainkan musik ‘Live’ melalui aplikasi ini atau Acoustic Stream yang lain dapat ditancapkan kedalam amp dan petikan anda akan terkirim secara nirkabel. Sinyal tunda dan latensinya antara 25 hingga 32 ms.

Para pemain dapat menyusun, memangkas dan mengatur rekaman via aplikasi rekan seperti mengirim file kea kun penyimpanan online dan string-pitch-nya dapat disesuaikan dengan bantuan aplikasi ini.

Meskipun sistem ini saat ini berjalan dengan perangkat OS yang baru, aplikasi ini nantinya juga akan dapat dipakai untuk pengguna Android yang sekarang masih dalam tahap pengerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *