Apple Music Bayar Sedikit Royalti Lebih Tinggi Dibanding Spotify

 

Compusiciannews.com -Isu Terkini- Setelah ‘kontrak yang bocor,’ Apple mengkonfirmasi bahwa Apple Music akan membayar pemegang hak musik sedikit lebih tinggi dari penerimaan layanan dibanding kompetitor lainnya, salah satunya Spotify. Layanan streaming dari Apple yang kembali akan diluncurkan dengan beberapa fitur lengkap pada 30 Juni mendatang ini akan membayar pemilik musik sebesar 71,5% dari penerimaan subskripsinya.

Dalam perbadingannya dengan Spotify, layanan streaming dengan 75 juta pengguna ini membayar pememgang hak cipta sebesar 70% dari penerimaan subskripsinya. Kedua layanan ini sama-sama memberika biaya US$ 10/bulan dan juga memberikan pilihan gratis yang akan membayar pemilik musik lebih rendah per stream-nya. Namun tercatat, Apple tidak akan membayar pemengang hak selama 3 bulan Free Trial.

Pimpinan pelaksana Apple Robert Kondrk mengkonfirmasi bahwa 71,5% setelah informasi yang salah yang dilaporkan Digital Music News yang memberitakan bahwa Apple hanya akan membayar sebesar 58% dari penerimaan kepada pemegang hak. Pembayaran yang lebih tinggi ini dikatakan Kondrk bahwa sebagai kompensasi dari label kepada Apple Music karena dapat menikmati Free Trial selama 3 bulan, maka dari itu pembayaran royalti-nya lebih tinggi dibanding Spotify yang memiliki 20 juta subscriber dan 50 juta pengguna Fremium.

Spotify telah menerima begitu banyak cambukan dari layanan bebas iklannya atau Premium-nya, namun jubir Spotify, Jonathan Prince mencatat akan menawarkan musik gratis pula melalui iTunes Radio dan Beats 1 Radio.

“Kami membayar royalti untuk setiap streaming yang dilakukan, termasuk penawaran uji coba dan layanan radio mobile kami yang total sekitar 70% dari penerimaan kami secara keseluruhan,” jelasnya kepada media setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *