Artis dan Musisi ‘Latah’ Bisnis Karaoke

 

CompusicianNews.com –Isu Terkini– Belakangan, bisnis karaoke kian menjamur di masyarakat, utamanya dikalangan para artis dan musisi. Bisnis karaoke dianggap bisa jadi lahan subur penghasil pundi-pundi rupiah disamping pekerjaan utama mereka menjadi musisi atau selebritis.

Pasalnya, selain gaya hidup masyarakat modern yang tidak bisa lepas dari pemenuhan kebutuhan hiburan, nama besar dari musisi dan selebritis tersebut bisa jadi semacam magnet yang mampu menarik pengunjung untuk datang dan menghamburkan uang mereka.

Tercatat sebagai pioneer bisnis karaoke dari kalangan selebritis adalah penyanyi dangdut Inul Daratista. Muncul pertama kali dengan goyang ngebor plus sensasi konflik dengan Rhoma Irama, Inul merintis bisnis karaoke berlabel ‘Inul Vizta’ pada tahun 2005. Inul menggelontorkan dana sekitar 3,5 miliar dan mengawali bisnis hanya dengan satu outlet saja, yaitu di kawasan Kelapa Gading. Namun, di tahun 2013 ini, ‘Inul Vista’ layaknya jamur di musim hujan sehingga outlet-nya sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Mengusung motto ‘Karaoke Keluarga yang Trendy dan Selebizz’, ‘Inul Vista’ menawarkan tempat karaoke yang nyaman dan terjangkau dengan menyasar masyarakat kelas menengah ke atas. Tercatat, ‘Inul Vista’ sempat beberapa kali terlibat perseteruan dengan Yayasan Karya Cipta Indonesia (YKCI) untuk urusan royalty lagu. Bahkan, pihak YKCI sudah menempuh jalur hukum untuk menyelesaikan kasus ini. Namun, seiring berjalannya waktu, kedua belah pihak sepakat untuk berdamai sehingga ‘Inul Vizta’ masih terus beroperasi hingga sekarang.

Setelah Inul, tercacat nama penyanyi Rossa yang juga mendirikan bisnis karaoke dengan brand ‘DIVA Family Karaoke Keluarga’ pada 2011 silam. Berbeda dengan karaoke milik Inul, DIVA menawarkan service khusus bagi pelanggan wanita. Sesuai dengan namanya, tempat karaoke milik Rossa ini siap menjadikan pelanggannya sebagai DIVA semalam. Dengan outlet pertamanya yang berlokasi di Jl. Mangga Besar Raya no.96. Jakarta Barat, ‘DIVA’ kini sudah mendirikan sekitar 30 outlet di Indonesia.

Tak mau tertinggal dari rekan-rekannya, Maia Ahmad atau Maia Estianty juga tengah membangun kerajaan bisnisnya. Tak cukup menjadi penyanyi, pencipta lagu, mendirikan label rekaman hingga buka restoran, Maia juga merambah bisnis karaoke. Outlet karaoke pertamanya diberi nama ‘Allegro KTV’ terletak di kompleks Rasuna Epicentrum, Jakarta.

Berbeda dari dua pendahulunya, tempat karaoke milik Maia sengaja menyasar professional muda dan keluarga yang berdomisili di kota besar. Kelebihannya, tempat karaoke ini dilengkapi fasilitas canggih seperti iPad untuk memesan lagu dan makanan. Selain di Jakarta, ‘Allegro KTV’ sudah membuka cabang di Batam, Makassar dan Palembang. Menariknya, Maia ternyata juga membuka tempat karaoke lain berlabel ‘Mucelo’ yang ditujukan bagi konsumen kelas menengah ke bawah di daerah-daerah kecil.

Musisi yang juga merambah bisnis karaoke adalah Charly vokalis Setia Band. Ternyata, mendirikan bisnis karaoke adalah salah satu mimpi mantan vokalis ST12 ini sejak masih duduk di bangku sekolah. Setelah sukses menjadi musisi dan punya modal, Charly membuka outlet karaoke pertamanya di Bandung dengan nama ‘Grand Charly VHT’ di tahun 2011. Sukses dengan outlet pertamanya, Charly kemudian membuka cabang di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Malang, Jambi dan Medan.

Mendirikan usaha karaoke adalah mimpi pentolan Setia Band, Charly van Houten, sejak masih remaja. Bisnis karaoke pertamanya yang diberi nama “Grand Charly VHT” didirikan di Bandung pada tahun 2011. Setelah itu, outlet-outlet lainnya mulai bermunculan di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Malang, Jambi dan Medan. Tempat karaoke milik Charly menawarkan pelayanan memuaskan dan harga yang terjangkau. Selain itu, mereka juga tidak menjual minuman keras.

Musisi lainnya adalah Melly Goeslaw. Berlabel ‘Melly Glow KTV Family’, tempat karaoke milik Melly justru dibuka pertama kali di Hartono Mall Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah. Kurang lebih satu tahun lamanya Melly menyiapkan bisnisnya tersebut. Mulai dari desain interior yang dibuat kental dengan nuansa pop art, hingga sound system yang langsung digarap serius oleh suami Melly, Anto Hoed. Bahkan, tempat karaoke ini juga dilengkapi dengan fasilitas recording bagi pelanggan yang ingin merekam suaranya. Melly pun akan memantau setiap file yang dihasilkan dari ruang recording di tempat karaokenya, tujuannya adalah untuk menemukan bakat-bakat baru dan potensial di bidang tarik suara.

Selain nama-nama yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa musisi dan selebritis lain yang memulai dan bersiap menggeluti bisnis karaoke, diantaranya Delon, Ussy Sulistyawati, Nunung, Anang dan Ashanty, hingga penyanyi campursari asal Solo, Didi Kempot.

Bisnis karaoke memang bisa dibilang menjanjikan, apalagi jika ditunjang dengan nama besar musisi dan selebritis tersebut. Namun, perlu dicatat bahwa untuk tetap kuat diantara menjamurnya bisnis karaoke tersebut dibutuhkan konsep usaha yang jelas. Melly Goeslaw misalnya, dengan sound system yang ditangani langsung oleh pakarnya, serta fasilitas recording dan iming-iming ‘didengar’ Melly Goeslaw adalah salah satu strategi bisnis yang cerdas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *