Balawan “Touch Tapping Style” Gitar

 

Compusiciannews.com – Sosok- Pada umumnya gitar adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik senar-senarnya hingga menghasilkan nada atau kord yang indah. Tetapi hal itu tidak demikian dengan I Wayan Balawan gitaris handal yang berasal dari pulau Dewata ini.

Dalam permainan gitarnya, musisi yang akrab dipanggil Balawan ini mempunyai cara yang sangat khas yaitu dengan teknik tapping. Ketika anda melihat Balawan bermain gitar yang terlintas dalam pemikiran dan pendengaran anda adalah orang yang sedang memainkan piano, hal ini dikarenakan jari jemari dari balawan yang dengan indah memencet setiap senar pada gitar layaknya seorang pemain piano.

Permainan gitarnya sangat unik dengan 8 jari yang aktif bergerak pada fretboard. Sangat jarang sekali Balawan memetik senar gitar dalam permainanya. Balawan mengemukakan bahwa ia men-develop pattern nya sendiri dalam teknik tapping tersebut. Sebagai orang yang berasal dari Bali, Balawan kini dikenal sebagai seorang musisi yang tampil dengan memadukan musik etnik Bali dengan musik jazz fusion.

Balawan mulai bermain gitar pada usia 8 tahun, dan di usia 12 tahun ia sudah mempunyai band rock bersama teman-temanya dan kemudian band itu bubar karena Balawan melanjutkan kuliah di Australian Institute of Music dimana Balawan belajar musik jazz.

Sejak tahun 1997 Balawan selalu tampil bersama band nya yaitu Batuan Ethnic Fusion. Ia telah tampil di berbagai ajang festival musik Jazz nasional maupun internasional, dan selalu tampil dengan ciri khas nya “Touch Tapping Style”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *