Bandung Jadi Kota Musik, Walikota Siapkan Proyek Pembangunan Gedung Konser

 

Compusiciannews.com – Sosial Budaya – Belum lama ini walikota Bandung Ridwan Kamil menjadi narasumber dalam acara televise Extreme Moshpit TV yang dipandu oleh pembawa acara Eben Burgerkill dan Gebeg Taring. Dalam sebuah episode bertajuk Kota Musik Yang Ideal yang juga menghadirkan narasumber walikota Bandung ini membahas proyek kota Bandung sebagai kota Musik.

Ridwan Kamil memiliki sebuah visi dan misi tentang pencanangan kota Bandung sebagai kota musik untuk beberapa tahun mendatang. Pada acara tersebut Eben menyinggung soal keprihatinannya melihat Bandung yang disebut sebagai kota pertunjukan namun tidak memiliki gedung khusus untuk pertujukan atau untuk menggelar konser yang layak untuk para musisi dan penonton. Kang Emil sapaan hangat Ridwan Kamil pun menjelaskan bahwa hal tersebut adalah program jangka pajangnya, ia baru dua setengah tahun menjadi walikota dan memiliki PR yang sangat banyak sekali perihal kota Bandung.

Kang Emil pun melanjutkan bahwa aspirasi – aspirasi seperti itu untuk dikumpulkan dan ditampung karena Kang Emil mengatakan bahwa dalam beberapa bulan lagi kang Emil akan membuat master plan berupa Bandung Kota Musik, aspirasi mengenai gedung musik pun juga sudah pasti di akomodir. Dan hal tersebut juga sudah mendapat tanggapan positif dari gubernur dan wakil gubernur jabar.

Kabarnya pihaknya telah menyiapkan tanah seluas 3 hektar di daerah ciputra untuk dibikin gedung konser kelas dunia. Kang Emil pun memberikan estimasi penyelesaian gedung musik itu sekitar 2 tahun pengerjaan. Dan Kang Emil telah menjamin bakal memurahkan para musisi asli Bandung untuk bisa menggunakan gedung tersebut, karena kang Emil mengaku bahwa uang rakyat harus berdampak kepada rakyat juga.

Dalam acara itu pun, Eben memaparkan berbagai permasalahan musisi – musisi di Bandung, salah satunya adalah masalah perijinan yang cenderung dipersulit oleh pihak – pihak tertentu. Hal tersebut langsung mendapatkan feedback dari Ridwan Kamil. Menurutnya, perlu adanya perbincangan lebih lanjut menenai permasalahan tersebut, pihak – pihak terkait harus mendiskusikannya secara bersama – sama agar mendapatkan jalan keluar yang tidak memberatkan siapapun.

Para hadirin dan penonton dibuat tercengang oleh rencana Ridwan Kamil untuk kota Bandung, Kang Emil merencanakan Bandung nantinya akan memiliki tema musik yang berbeda – beda taip bulannya. Contohnya, tema keroncong akan dipakai dalam sebulan, maka seluruh tempat – tempat hiburan dan tempat umum harus memutarkan lagu – lagu keroncong, dang anti bulan tema musiknya akan berbeda lagi.

Rencana Kang Emil selanjutnya adalah Bandung akan menginvasi dunia dengan produk – produk terbaik kota Bandung yang rencananya akan Go International. Rencana tersebut disambut baik oleh seluruh warga Bandung karena jelas akan membuat Bandung semakin dikenal masyarakat luas, dan akan menjadikan pereonomian warganya terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *