Beats VS Spotify, Kompetisi Dunia Layanan Musik Streaming

 

 

 

CompusicianNews.com – Isu Terkini – Beat Music, layanan streaming yang diprakarsai oleh Dr Dred an Jimmy Iovine ini sudah dirilis pada  tanggal 21 Januari 2014 yang lalu dan sudah siap untuk berkompetisi dengan layanan musik streaming yang lain.

Tapi bagaimanapun, karena Beat ini masih baru, daya kompetisinya masih jauh dengan layanan musik streaming lainnya, salah satunya Spotify. Berikut hal-hal yang membuat Beats masih kalah jauh dengan Spotify:

1. Ketersediaan

Beats music baru tersedia di Amerika Serikat sedangkan Spotify sudah tersedia diberbagai negara. Beats sepertinya masih berjalan lamban dan masih merambah pasar Amerika Serikat saja.

2. Platform

Beats music hanya untuk aplikasi mobile saja yang berarti tidak ada web player. Tidak ada aplikasi untuk Mac atau PC anda. Spotify, bagaimanapun dapat diputar di browser manapun. Meskipun hanya mobile only, beats sudah punya basenya sendiri yaitu untuk aplikasi iOS dan Android yang sudah tersedia di App Store dan Google Play.

3. Pilihan Musik

Beats dan Spotify sama-sama mengklaim 20 juta track. Namun hanya Spotify yang mampu memenangkannya. Contohnya, lagu-lagu Beatles yang absen dari 2 layanan musik streaming ini, Spotify masih dapat memalsukannya dengan menyediakan versi cover dari lagu-lagu dari The Beatles. Beats Music masih sedikit membingungkan dengan adanya wawancara band dalam setiap album track itu.

4. Harga

Spotify menawarkan versi gratis dan premium atau bayar. Sedangkan Beats tidak ada pilihan lain selain harus bayar untuk mendengarkan layanan streaming. Spotify yang gratis memungkinkan anda untuk dapat menstreaming musik lewat komputer, tablet atau seluler anda. Spotify juga memungkinkan anda untuk menyimpan playlist anda ke komputer tanpa harus memakan banyak data komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *