Berapa Sih Gaji Rata-Rata Pegawai di Spotify?

 

Compusiciannews.com -Isu Terkini- Spotify merupakan platform streaming musik dengan basis pengguna yang cukup besar, jumlah pengguna berbayarnya saja sudah mencapai 40 juta pengguna di seluruh dunia dan mungkin banyak yang penasaran berapa gaji yang diterima oleh para pegawai Spotify.

Menurut laporan keuangan tahunan yang dirilis oleh Spotify, rata-rata gaji pegawai di Spotify dari resepsionis hingga CEO mencapai sekitar US$ 168,747 per tahun dalam nilai tukar rata-rata sekarang dan jumlah itu sudah termasuk gaji, asuransi sosial dan potongan pajak pensiun serta saham perusahaan.

Gaji itu secara signifikan  meningkat. Tahun lalu saja, rata-rata penghasilan yang diperoleh mencapai sekitar US$ 150,687. Di tahun 2010, Spotify telah menerapkan kebijakan kompensasi sekitar US$66,972 per tahun dalam rata-rata yang berarti rata-rata kompensasi pegawai meningkat sebesar 152% disamping kerugian yang dialami yang mencapai US$188.7 di periode yang sama.

Namun itu hanya mewakili bagian kecil dari kenaikan karena  Spotify telah secara pesat meningkatkan pasukan kerjanya dimana tahun lalu sekitar 300 orang dipekerjakan di Spotify  dan  untuk pimpinan sendiri, kenaikan kompensasi naik sekitar 300%, yaitu berkisar antara US$ 18,9 juta selama setahun.

Bagaimanpun ini adalah uang yang dipinjam. Secara literal Spotify menyimpan hutang sebesar US$ 1 Milyar namun pihak Spoitfy berkata bahwa penghasilan yang besar diperlukan dengan tujuan kompetitif dan inovatif makin maju.

“Jika kita tidak bisa memelihara budaya Spotify maka kita akan kehilangan inovasi, kerjasama dan fokus yang cukup krusial untuk dikontribusikan di bisnis kami,” begitu pernyataan dari Spotify. Namun bagian terburuknya royalti yang diterima oleh pihak musisi dan artis semakin turun. Disamping janji sang CEO, Daniel Ek, perusahaan semakin kaya namun artis yang mendukung keberadannya semakin miskin.

Untuk bagian ini, Spotify berkata pembayaran royalti tidak pernah tinggi namun semua biaya itu masuk ke label.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *