Berikan Free Trial 3 Bulan, Apple Music Kecewakan Label Indie

 

Compusiciannews.com -Isu Terkini- Saat debut Apple Music nanti tanggal 30 Juni 2015, aplikasi ini mungkin kehilangan beberapa artis dan label indie yang tidak ingin mendaftar kontrak ke platform raksasa streaming ini. Pertikaian utamanya, salah satunya adala, seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya  dimana sebelum Taylor Swift menuliskan surat terbuka kepada Apple, Apple mengeluarkan kebijakan bahwa layanan baru ini tidak akan membayar royalti selama 3 bulan masa Free Trial.

Selain cambukan dari American Association for Independent Music (A2IM), Begars Group dan masih banyak agi, pimpinan Apple sebelumnya tidak mau melakukan negosiasi, berdasarkan pernyatan yang ditulis media Rolling Stone.

Pimpinan Eksekutif Beggars Group Andy Heath telah menjelaskan kepada media Telegraph mengapa masa free trial Apple ini sangat merugikan industri musik indie. “Jika anda menjalankan label kecil yang serba terbatas yang secara literal tidak dapat memberikan atau melakukan bisnis Free Trial,” Kata Heath. “Apple berencana untuk memindahkan gaya hidup pelanggannya dari unduh ke streaming, yang dinilai baik, namun ini juga berarti kami kehilangan penerimaan yang harusnya kami terima selama 3 bulan karena masa Free Trial. Apple tidak memikirkan dalam-dalam soal ini sama sekali.”

Apple yang telah menandatangai kontrak dengan semua label besar  dan beberapa label indie teratas sepertinya tidak begitu memperhatikan masalah ini. “Ini adalah sesuatu yang biasa kami lakukan berkali-kali,” kata Pimpinan Apple, Eddy Cue ke media Rolling Stone. “Bahkan dalam iTunes Music Store yang orisinil, kami tidak pernah melakukan persetujuan dengan label indie, kami sebenarnya meluncurkan dengan label-label besar”

Jika label idnie tidak mendapat permintaan mereka, mereka dapat menunggu hingga Oktober untuk bergabung ke Apple Music. Dan itu yang menjadi sudut pandang pasti dari A2IM.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *