Berminat Belajar Musik di Jerman?

 

Compusiciannews.com – Pendidikan – Apakah Anda atau anak Anda tertarik dan mempunyai bakat yang besar dalam bidang musik? Jika ya, pemilihan sekolah musik yang baik adalah hal yang wajib untuk mengembangkan potensi agar menjadi penyanyi atau pemusik professional.

Walaupun di Indonesia sendiri sekolah musik dan universitas yang menyediakan jurusan seni musik sudah banyak, sekolah musik di luar negeri tentu memberikan pengalaman yang jauh berbeda. Di antara negara-negara maju, Jerman adalah negara yang cocok untuk menimba ilmu dalam bidang musik, karena banyak orang-orang besar dalam bidang music lahir di Jerman.

Apa yang perlu dilakukan untuk sekolah musik di Jerman?

Bagi orang asing yang ingin kuliah di Jerman diperlukan satu tahun penyetaraan setingkat dengan tingkat akhir sekolah di Jerman. Penyetaraan satu tahun tersebut dinamakan Studienkolleg. Studienkolleg bisa ditemui di Universitas di hampir seluruh kota besar. Daftar Studienkolleg di Jerman dapat dilihat di situs: 

http://www.studienkollegs.de

Jurusan yang ditawarkan sekolah tinggi seni musik antara lain pendidikan pengusaan berbagai alat musik, seni suara, seni komposisi dan dirigen. Beberapa sekolah tinggi seni musik juga menawarkan jurusan seni musik gereja, jazz, sutradara musik teater, atau seni tari. Selain itu, Anda juga dapat mengambil jurusan pendidikan musik dan guru musik.

Untuk diterima sebagai mahasiswa di sebuah sekolah tinggi seni musik peminat harus mengikuti ujian bakat yang dilakukan secara tertulis dan lisan untuk mengetahui musik serta pemahanan irama, nada dan birama, serta kemahiran memainkan alat musik atau seni suara. Untuk jurusan pendidikan guru seni musik harus memiliki ijazah sekolah menengah atas atau yang setara. Sementara untuk jurusan lain cukup mengikuti ujian bakat.

Bagaimana cara mendaftar Studienkolleg di Jerman?

Jurusan yang disediakan Studienkolleg sangat beragam, tergantung jurusan mana yang nanti akan diambil orang tersebut di Universitas. Untuk Anda yang ingin mengambil kuliah musik, maka jurusan di Studienkolleg yang perlu dimasuki adalah jurusan G-Kurs. Jurusan G-Kurs tidak ditemui di semua Studienkolleg yang ada di Jerman dan banyak dari Studienkolleg yang tidak melayani pendaftaran sendiri melainkan melalui organisasi yang bernama Assist, informasi tentang Studienkolleg tersebut dapat dilihat disini:

http://www.uni-assist.de/

Dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk sekolah musik di Jerman?

Dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar ke Studienkolleg bisa berlainan tergantung Studienkollegnya. Namun, lazimnya anda membutuhkan dokumen-dokumen sebagai berikut:

  1. Surat kelulusan dari SMU/sederajat yang belum dan sudah diterjemahkan dan dilegalisir.
  2. Keterangan NEM, sama seperti diatas.
  3. Sertifikat bahasa Jerman (ZD: Zertifikat Deutsch /Mittelstufe), tergantung Studienkollegnya.
  4. Dokumen lain yang variatif tergantung Studienkolleg dan jurusannya.

Jadi, sudah siap mempelajari musik di negara para maestro?

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *