Bitcoin Hampir Ludes Ditambang?

 

Compusiciannews.com -Industri-  Meningkatnya minat pada Bitcoin, membuat stok mata uang tersebut semakin sedikit. Berdasarkan situs BicoinBlockHalf sejauh ini sudah lebih dari 16.8 juta Bitcoin yang sudah ditambang oleh investor.

Hal tersebut berarti bahwa lebih dari 80% Bitcoin telah beredar. Satoshi Nakamoto si pencipata Bitcoin sebenarnya membatasi bahwa Bitcoin hanya akan ada 21 juta di dunia.

Dibatasinya Bitcoin ini memang agar menciptaan kelangkaan dan mengurangi inflasi, sehingga Bitcoin tetap berharga karena jumlahnya yang sedikit.

Pembatasan stok Bitcoin ini juga membedakannya dengan lebih dari 1300 mata uang digital lain yang bisa memiliki miliaran jumlah mata uang untuk diedarkan.

Seperti kita tahu dari setiap blok Bitcoin yang berhasil ditambang, penambang akan mendapat 12.5 Bitcoin. Lalu dari setiap 210ribu blok angka tadi akan berkutan setengah menjadi hanya 6.25 Bitcoin.

Sebanyak 1800 Bitcoin baru ditambang setiap harinya sehingga kebijakan baru tadi rencanaya baru akan dilakukan pada 6 juni 2020 seperti dikutip dari BitcoinBlockHalf.

Dengan system pembagian yang baru tersebut, sisa Bitcoin yang berjumlah 4,19 juta baru akan habis sekitar tahun 2140. Tertarik untuk menambang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *