Di Jepang, Batman VS Superman Tak Selaris Doraemon

 

Compusiciannews.com – Film – Film yang saat ini sedang tayang di bioskop, Batman vs Superman: Dawn of Justice memang berhasil memikat jutaan penonton di dunia dengan menyajikan pertarungan epik dua superhero legendaris. Akan tetapi, rupanya hal tersebut tidak berlaku bagi penonton Jepang. Buktinya, film arahan Zack Snyder dan yang dibintangi oleh Ben Affleck dan Henry Cavill ini tidak mampu bersaing dengan dengan dua film lokal Jepang, yaitu Assassination Classroom dan Doraemon: Nobita and the Birth of Japan 2016.

Sejak ditayangkan perdana pada tanggal 25 Maret lalu di bioskop, Film yang didistribusikan Warner Bros ini tercatat baru mengumpulkan 3,27 juta dolar AS dari 717 layar pemutaran. Beranjak tiga hari setelahnya, Batman v Superman menambah penghasilannya menjadi 4,42 juta dolar AS dan diprediksi akan dapat menuai uang sebanyak 13 juta dolar AS selama pemutarannya di Jepang.

Raihan Batman v Superman tersebut masih kalah jauh dari Assasination Classroom: Graduation, bagian kedua dari film laga komedi adaptasi komik laris di Jepang. Film tersebut berhasil menduduki puncak box office Jepang pada akhir pekan ketika dirilis di bioskop.

Dengan jumlah layar pemutaran yang lebih sedikit, yaitu 319 layar, film yang didistribusikan oleh Toho ini sudah mampu unggul dengan meraup pendapatan sebesar US$ 5,64 juta. Dibandingkan dengan pekan pertama film bagian pertamanya, Assassination Classroom (2015), mengutip Variety, film ini rupanya lebih meraup untung lebih banyak hingga 50%

Sedangkan Doraemon: Nobita and the Birth of Japan 2016 yang sudah menjadi jawara box office Jepang selama tiga pekan berturut-turut, lengser ke posisi kedua digantikan oleh Assasination Classroom: Graduation. Film yang berkisah tentang petualangan Doraemon dan kawan-kawan di negeri sebelum lahirnya Jepang itu sukses unggul dari Batman v Superman yang hanya menduduki peringkat ketiga box office Jepang.

Walaupun demikian, hal itu tak membuat Batman v Superman patah arang. Ia tetap berusaha memberikan performa terbaik saat diputar di bioskop China dan Korea Selatan. Pada kedua pasar besar Asia itu Batman v Superman berhasil penduduki peringkat teratas di box office, meski raihannya sedikit meleset dari perkiraan awal. 

Batman v Superman sendiri adalah film yang menceritakan dua superhero besar yang terlibat dalam sebuah konflik, sehingga pada titik tertentu mereka harus bertarung. Tetapi, semua orang pun akan tahu bahwa pada akhirnya mereka bersekutu melawan musuh. Maka, sebuah tugas yang tidak mudah bagi Snyder, juga Chris Terrio dan David S. Goyer selaku penulis skenario, dalam merancang cerita Batman v Superman agar kedua superhero populer tersebut punya alasan yang kuat untuk bertikai, dan alasan yang kuat pula untuk akhirnya berdamai dan bekerja sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *