Didgeridoo, Alat Musik Asli Milik Suku Aborigin di Australia

 

Compusiciannews.com – Instrument – Sekilas melihatnya, mungkin kita menganggap benda ini adalah semacam hiasan rumah atau souvenir saja. Padahal, benda yang punya nama Didgeridoo ini merupakan alat musik khas milik suku Aborigin di Australia.

Alat musik Didgeridoo sendiri bisa dibuat dari banyak bahan, termasuk dari pipa poli, fiberglass, bambu, hingga segala jenis kayu. Sementara, Didgeridoo tradisional biasanya dibuat dari kayu Eucalyptus yang sudah dilubangi oleh rayap secara alami.

Jika Didgeridoo dari bahan-bahan lain memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, Didgeridoo yang terbuat dari kayu biasanya punya resonansi yang jauh lebih bagus sehingga kualitas suaranya pun bisa dipastikan sangat baik.

Alat musik yang terbilang ini diprediksi sebagai yang tertua di dunia. Mulanya, alat musik tiup Didgeridoo ditemukan oleh Arnhem Land asal Australia Utara. Kayu yang digunakan untuk membuat alat musik ini biasanya dipilih dari bagian tangkai yang dipotong dengan panjang rata-rata 1,3 meter.

Di tempat asalnya, alat musik ini digunakan sebagai iringan lagu-lagu dalam upacara-upacara adat. Didgeridoo bisa menghasilkan pitch-pitch rendah dengan pola-pola irama yang kompleks.

Konon, Didgeridoo hanya boleh dimainkan oleh laki-laki yang menjadi pemimpin dalam keluarga atau suatu suku. Didgeridoo asli banyak di temukan di kawasan Australia Tengah atau tepatnya sekitar Alice Springs.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *