Digital Audio Workstation

 

CompusicianNews.com -Perangkat- DAW adalah sistem elektronik yang satu-satunya dirancang untuk proses rekaman, editing dan play back digital audio. DAW pada dasarnya tape-less, sistem yang berbasis mikroprosesor seperti Synclavier. Perangkat DAW saat ini berjalan pada komputer dengan perangkat audio interface.

Perangkat ini terintegrasi dengan mixing console, control surface, audio converter dan data storage dalam satu perangkat dan komputer yang berbasis DAW memiliki 4 komponen dasar, yaitu : Komputer itu sendiri, Sound Card (Atau disebut sebagai Sound Converter atau audio interface) Digital audio software dan 1 perangkat input untuk menambah atau memodifikasi data note musical. Perangkat ini bisa sesederhana mouse dan secanggih MIDI controller.

Komputer bertindak sebagai host untuk sound card dan software serta menyediakan Processing Power atau tenanga pemrosesan untuk proses pengeditan audio (Audio Editing). Software mengontrol semua yang terhubung dengan komponen hardware dan menyediakan user interface. Komputer berbasis DAW memiliki MIDI yang berkapabilitas untuk rekaman, editing dan playback dan beberapa bahkan memiliki video minor yang berhubungan dengan fitur.

Smartphone sederhana yang berbasis DAW yang disebut Mobile Audio Workstation juga tersedia yang digunakan oleh para jurnalis untuk proses rekaman saat wawancara dan proses pengeditan langsung di TKP.

Plug-ins merupakan bagian yang ada pada setiap software DAW dan terdapat beragam jenis plug-in dan masing-masing memiliki kegunaan dan keunikannya. Fungsi umumnya termasuk distorsi, resonator, equalizer, synthesizer, compressor, dll.

Untuk menghasilkan suara yang berbeda, berbagai jenis plug-in dapat digunakan dalam layer dan selebihnya juga dapat memanipulasi sound orisinil dan menjadikannya karya yang sepenuhnya baru.

Berikut ini daftar 14 software DAW saat ini

1. Image-Line Studio

Fungsi dari software ini memampukan anda untuk menghasilkan PlayList Clips Live menggunakan mouse, layar sentuh, tombol QWERTY atau MIDI Controller dan Fungsi Plugin-nya yang sudah update, Groove Machine Synth memampukan anda untuk menghasilkan suara-suara yang impresif.

2.  Ableton Live

Sekarang versi baru dari Live ini sudah ada, Versi 9 dengan memperkuat fungsi yang ada sebelumnya dan menambah beberapa fitur-fitur baru. Fungsi pada MIDI telah mengalami perbaikan, hasil konversi audio pada MIDI sangat brilian. Browser baru yang disediakan memiliki fungsi pencarian yang bagus.

3.  ProSonus Studio One

Versi terbarunya SO2 menawarkan beberapa manajemen proyek yang luar biasa dan integrasi fitur-fitur yang berjalan dan CD yang disediakan untuk penguasaan dan persiapan pembuatan projek sangat kuat.

4. Steinberg Cubase

Saat ini Cubase hadir dengan versi terbarunya Cubase 7, Cubase ini mendukung proses penciptaan suatu karya musik (Composing). Versi terbaru ini dibuat untuk membuka kesempatan menciptakan suatu karya musik yang kreatif dan ispiratif.

5. Propellerhead Software Reason

Perangkat ini selalu menjadi paket yang berisi konten konten produksi musik yang luar biasa untuk orang-orang yang ingin menciptakan sebuah karya musik “didalam kotak” tapi versi awalnya terbatasi dimana kita tidak bisa merekam audio dan fasilitas plug-in belum diekspansi.

Kedua masalah ini telah dijawab dengan hadirnya versi terbaru dari perangkat ini dimana Reason telah dikombinasikan dengan fungsi record pada perangkat Propellerhead’s short-live audio recording dan versi 6,5 nya digembor-gemborkan dengan hadirnya Rack Extenttion yang terdapat Instrumen dan efek add-ons yang dapat dibeli via online store milik Propellerhead.

Versi 7 ini juga dilengkapi MIDI controller dimanakita dapat melakukan proses pengerjaan yang lebih dalam seperti editing audio recording, kemampuan untuk mengkonversi rekaman ke REX files, dilengkapi juga dengan sejumlah mixer tweaks dan Audiomatic Retro Transformer effect yang baru.

Kesemuanya ini ditambahkan dengan tujuan supaya pengerjaan suatu karya musik bisa dinikmati sampai dapat disebut sebagai Musisi computer.

6.  Apple Logic Pro

Versi terbaru dari perangkat ini menggunakan Apple’s Junior DAW dengan tujuan supaya perangkat ini bisa dikompetisikan dengan perangkat-perangkat lain seperti Ableton live dimana sebelumnya perangkat ini ditakutkan akan tersisih di pasaran

7.  Cockos Reaper

Sebagai informasi, Reaper adalah cross-platform yang terjangkau DAW yang memiliki footprint yang kecil dan MIDI/audio yang canggih. Demo nya secara fungsionalitas terpenuhi tapi jika kita mau tetap menggunakannya setelah 30 hari, kita harus membayar lisensi.

Versi 4 membawa macam-macam fitur baru termasuk pitch envelope, surround sound support dan Improved skinnable interface.

8.  Avid Pro Tools

Diantara orang awam, Pro Tools telah menjadi perangkat yang paling praktis disegala proses yang ada pada proses rekaman musik di komputer.

Tapi jangan salah: ini masih merupakan pilihan yang professional dan sekarang, ProTool yang ‘layak’ dapat dijalankan di PC dan Mac tanpa hardware external dibutuhka dan pilihannya semakin lengkap untuk home musician. Pro Tools secara gradual menjadi lebih ‘terbuka’ dengan versi 10 yang mendukung banyak format file.

9.  Cakewalk Sonar

Suatu hal yang masuk akal bahwa Sonar adalah perangkat DAW yang paling popular di dunia dan hanya dapat dijalankan di PC. Di versi terbarunya, Sonar X2 yang baru saja dirilis memberikan modular ProChannel, Console Emulator, Sonar Version dari Breverb dan Rolan’s R-Mix.

10. Magix Samplitude

Anda mungkin mengenal Magix dari Music Maker entry-levelnya dan aplikasi studio musik tapi Magix ini juga menghasilkan karya besar dari DAW. Perangkat yang berawal dari Audio editor ini sekarang membawa pilihan music production yang lengkap dengan menawarkan beberapa efek yang luar biasa, obyek berbasis sistem editing yang sempurna dan fitur-fitur canggih seperti Melodyne-style Elastic Audio.

11. MuTools MuLab

MuLab adalah salah satu perangkat DAW yang beroperasi secara sedikit dibawah radar. Banyak orang tidak pernah mendengarnya tapi penggunannya sangat passionate.

Jika anda ingin belajar dari dasar, seperti record/edit MIDI dan audio, mix dengan menggunakan plug-in dll, MuLab patut dijadikan tool untuk percobaan ini. Mereka yang bersiap untuk menggali lebih dalam akan menemukan modular yang bagus mengenai sound system yang ada didalamnya.

12.  MOTU Digital Performer

Sebelumnya perangkat DAW ini hanya bisa dijalankan di Mac saja tapi dalam perkembangnnya, Digital Performer telah meluncurkan program windowsnya (Cross-platform support sebagaimana versi 8 diluncurkan).

Software ini adalah software pembuat musim kelas utama yang dapat dibandingkan dengan lawan-lawannya. Hal ini bisa dibuktikan sendiri lewat pemakaian yang intense.

13.  Sony Creatives Software Acid

Software ini merupakan karya yang revolusioner di awal peluncurannya di tahun 1998. Saat ini fitur-fiturnya semakin diperkuat sebagaimana versi terbaru dari perangkat ini muncul (versi 7), perangkat ini juga sudah mampu mengatur MIDI dan mungkin bukan yang paling memukau tapi dijamin perangkat ini memiliki kecepatan oerasional, kemampuan dan penggunaannya yang mudah.

14.  Apple GarageBand

Versi terbaru dari perangkat ini diluncurkan tahun 2012. GarageBand ’11 menambah banyak fitur seperti Logic’s flex time dan Groove Matching Technology. Fitur pembelajaran juga sudah diperbarui dan menjadikannya sebagai perangkat DAW satu-satunya yang dapat mengajari kita bermain gitar dan piano.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *