Dirasa Langgar Perjanjian, Perusahaan Hiburan Gugat Acara Musik Amal

 

Compusiciannews.com -Industri- Festival Global Citizen tahun ini sayangnya akan mengakibatkan biaya legal. Acara yang digelar di Central Park, New York ini disengketakan oleh sebuah perusahaan yang mengklaim  hak kontraktual dalam eksploitasi video footage dan mereka katakan bahwa video ini 'dipotong.'

Konser ini diperkirakan telah menarik penonton sekitar 60,000 pada Sabtu malam (23/09) lalu dan menampilkan beberapa penampil seperti Stevie Wonder, Green Day dan The Killers dan acara ini disiarkan di stasiun tv MSNBC dan tujuan penyelenggaraan event ini lebih lanjutnya untuk mengakhiri kemiskinan global.

Dalam  gugatan di Pengadilan Tinggi New York pada hari Kamis (21/09), Mammoth Entertainment, selaku penggungat berkata telah dihubungi setelah konser tahun lalu untuk membantu memberikan video footage dari penampil, seperti Rihanna, Metallica, Jay Z, Coldplay dan video-video penampilan lainnya dan dokumenter panjang.

Mammoth berkata bahwa mereka juga mendata Verizon, Hearst Media dan Complex Media untuk mendanai dan kemudian mendistribusikan konten. Hugh Jackman berperan sebagai pihak yang memberikan narasi. Pihak penggugat  mengkomplain bahwa disamping telah membuat dan mengembangkan film dokumenter, mereka juga tidak mendapatkan penghargaan.

Mammoth juga mengalegasi bahwa seharusnya persetujuan ini akan terus diperbarui dari tahun ke tahun dan bersifat abadi untuk setiap acara festival musik Global Citizen. Mereka juga melaporkan bahwa Global Citizen telah berupaya mengakhiri persetujuan sementara pihak acara secara langsung menggaet Verizon.

Mammoth menuntut  ganti rugi sebesar US$ 500.000 dan US$ 1 Juta untuk kerusakan yang terjadi ditambah tuntutan kepada Global Citizen untuk memberikan masukan kredit dan editorial serta 10 persen dari uang yang mengalir dari video footage.

Selain itu, Mammoth mencoba untuk melarang acara amal ini dari eksploitasi konten lebih lanjut dan masuk ke aransenem ekonomi dengan Verizon, Hearst dan Complex.

Pihak penasehat hukum dari Global Citizen, Kenneth Plevan menulis dalam surat bahwa klaim pelanggaran kontrak ini dinilai benar-benar sebuah kesalahan.

Plevan juga menambahkan bahwa Mammoth hanya memiliki hak non ekslusif dalam persetujuan kerja sama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *