Era Baru Pandora, Rekrut CEO Baru Tim Westergren

 

Compusiciannews.com – Industri – Pandora Media Inc. sebuah situs aplikasi berbasis Radio-Internet baru saja menggelar perhelatan pemilihan CEO baru, dikarenakan mundurnya sang CEO lama yaitu Brian McAndrews. Penggantinya pun tidak lain dan tidak bukan adalah sang pendiri Pandora Media, Tim Westergren.

Dengan background musik yang sangat kuat, Westergren dipercaya oleh jajaran manajemen Pandora Media akan bisa bersaing dalam penawaran lisensi musik yang sedang sangat boomin pada saat ini. Westergren mempunyai latar belakang musik yang sangat kental, dia adalah seorang pemain keyboard di salah satu band yang ada di Amerika, Yellowwood Junction, yang telah banyak sekali melakukan turnya diberbagai wilayah.

Sedangkan McAndrews sendiri yang merupakan CEO sebelumnya, tidak memiliki latar belakang musik, dia justru berasal dari perusahaan ternama dibidang perangkat komputer, Microsoft Corp. Dengan tidak adanya latar belakang musik, dia memimpin Pandora Media, yang notabene adalah berbasis musik. Alhasil, Pandora Media selama 12 bulan terakhir mengalami kemrosotan saham hingga sepertiga, dibawah tekanan yang begitu besar, dan persaingan dibidang Radio-Internet yang semakin ganas, Pandora Media harus melakukan gerakan perubahan, agar bisa tetap eksis dan dapat bersaing.

Perusahaan Pandora Media berada dibawah tekanan, dan dituntut untuk memperluas jaringan hingga ke luar Amerika, hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan. Mantan CEO McAndrews, pada masanya bukan tidak ada yang dihasilkan olehnya. Dengan dituntutnya perluasan jaringan Pandora Media hingga ke luar Amerika, berbagai upaya dilakukan. Untuk terwujudnya hal tersebut, lisensi langsung dari perusahaan rekaman pun harus segera didapatkan, McAndrews berhasil memperkuat hubungan kerja sama Pandora Media dengan label – label rekaman yang ada diseluruh dunia, dia melakukannya selama 2 setengah tahun masa jabatannya.

Namun, beberapa label rekaman menunda beberapa tahun tawaran yang di canangkan oleh Pandora Media, dikarenakan beberapa dari label rekaman masih meragukan mengenai sistem dan fasilitas yang ditawarkan oleh Pandora Media, serta mereka meragukan tingkat orang  – orang yang berlangganan Pandora Media masih belum begitu banyak. Hal tersebut dikarenakan sang mantan CEO McAndrews yang tidak memiliki latar belakang musik sama sekali.

Pandora Media melakukan gerakan revolusioner untuk membenahi permasalahan tersebut, digantinya McAndrews menjadi Westergren adalah salah satu upayanya, kendati Westergren lebih berpengalaman dibidang musik, dan hal ini pula yang membuat jajaran manajemen Pandora Media yakin bahwa Tim Westergren bisa meyakinkan para label dan eksekutif musik untuk bekerjasama dengan Pandora Media.

Sampai saat ini, Pandora telah mampu mengoperasikan layanan radio online populer tanpa negosiasi langsung dengan label rekaman, bukan menggunakan musik di bawah sistem wajib-lisensi pemerintah federal melainkan sistem yang memungkinkan penyiaran online untuk membayar tarif, dan hal itu ditentukan oleh hakim hak cipta federal, asalkan layanan tersebut tidak membiarkan pengguna memilih lagu tertentu atau urutan tertentu di mana mereka memainkan musiknya. Hal itu membuat kecewa para eksekutif musik, dikarenakan keuntungan yang didapatkan tidak sebanding dengan pengeluaran. Hal ini membuat Pandora Media harus membenahi sistem aplikasi, dan misi inilah yang di emban oleh CEO baru, Tim Westergren.

Mr. Westergren pada mulanya tergabung dalam tim pembentuk Pandora media Inc. dan menjabat pertama kali sebagai CEO sebelum ia menjauh dari perusahaan yang ia dirikan sendiri. Hal ini merupakan cerita yang sama dengan kisah Steve Jobs sang pendiri Apple Inc. yang dipaksa keluar dari perusahaan yang ia dirikan, dan akhirnya ia kembali, serta berhasil memperkenalkan produk – produk yang hits, disinilah awal kebangkitan Apple Inc. Kisah serupa pun tidak hanya Steve Jobs saja, melainkan banyak para founder yang dipaksa mundur atau keluar dan kembali lagi membawa konsep terkini, dan , membawa perusahaannya berkembang pesat.

Pandora Media juga berharap bahwa menempatkan Tim Westergren menjadi pemimpin akan membantu mempererat hubungan dengan promotor dan venue konser, agar Pandora bisa memperluas wilayah bisnisnya pada live-event. Dalam pernyataa tertulis, McAndrews menyatakan dukungannya terhadap Westergren, “Tim telah menjadi pemimpin yang kuat, dengan strategi yang kuat pula, dan telah terlibat dalam sejarah panjang Pandora, dan ia juga telah banyak terlibat dalam strategi pertumbuhan perusahaan,” ungkap Pandora Media yang diwakili oleh McAndrews.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *