Frans “Sisir” Rumbinu, Kenny G Asal Tanah Papua

 

Compusiciannews.com – Artistik – Bermain musik ternyata tak hanya mengandalkan instrumen baku seperti gitar, piano, atau drum. Barang-barang yang ada di sekitar kita terbukti bisa dijadikan alat musik yang bisa menghasilkan suara serupa. Hal itulah yang dilakukan Frans Rumbinu asal Papua.

Musik yang dihasilkan Frans memang berbeda. Dia menghasilkan suara lewat sebuah sisir yang dimasukkan dalam plastik dan dimainkan dengan cara ditiup. Bunyi yang dihasilkannya pun mirip suara saxofon dengan perpaduan suara trombone yang ringan.

Frans Rumbinu kini lebih dikenal dengan nama Frans “Sisir”. Lelaki kelahiran Pulau Wundi di Kabupaten Biak, Papua ini bahkan mampu menghasilkan alunan suara saxofon layaknya Kenny G.

Dahulu, Frans menemukan “alat musik” artistik ini dengan cara tak sengaja. Tepatnya saat menonton pertandingan sepak bola, Frans melihat orang-orang membawa berbagai jenis alat musik untuk mendukung tim kesayangan mereka. Lantaran hanya membawa sisir dan kantung plastik, Frans pun memanfaatkan keduanya. Lantaran bunyi yang dihasilkan cukup indah, Frans pun tertarik untuk terus belajar dan mendalami kemampuannya tersebut.

Selain itu, Frans mengaku bahwa kemampuan menghasilkan alunan musik lewat sisir dan plastik didapat lantaran dirinya adalah seorang anak pantai. Sejak kecil, Frans sudah terbiasa menghasilkan bunyi-bunyian dengan kerang maupun selembar daun. Biasanya, dia memainkan keduanya sambil memancing atau bermain di pantai. Setelah remaja dan aktif sebagai penyanyi gereja, Frans pun semakin mendalami metode pernafasan perut yang memudahkannya menghasilkan bunyi-bunyian dengan sisir dan plastik.

Bakat alam memainkan sisir dan plastik ternyata membawa berkah tersendiri bagi Frans. Keahlian ini membuatnya dikenal di Indonesia hingga mendapat tawaran manggung di sejumlah kota di Belanda. Bahkan, sebuah surat kabar lokal di sana menuliskan tentang Frans dan kemampuannya yang unik itu.

Demi memperdalam kemampuannya, Frans pun memilih belajar alat musik saxofon. Baru-baru ini Frans sering tampil bersama vokal grup Soa-Soa yang tenar dengan lagunya yang berjudul “Papua Dalam Cinta”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *