Gaya Hidup Pemasaran Digital Pada Industri Musik Saat Ini

 

Compusiciannews.com -Sosial Budaya- Beberapa industri mengerti kebutuhan untuk mengembangkan lebih dari sekadar musik. Dari Vinyl hingga sekarang Tidal, tune saat ini sudah benar-benar berubah dalam beberapa dekade terakhir. Dalam waktu kurang dari separuh hidup, kita telah melewati fase musik dari yang konvensional hingga sekarang kita dapat mendengarkan musik lewat internet secara konstan melalui segala macam peralatan dan medium (gadget). Hal ini telah membawa gelombang ekplorer wirausaha yang cenderung mempelopori dan menanamkan bendera mereka dalam pemandangan musik digital yang kompetitif dan potensial. Pastinya, metodenya mungkin berbeda, namun jiwanya masih ada disana. Jadi bagaimana anda dapat mempromosikan musik lewat digital marketing?

Apa itu music marketing?

Selain bakat dan produksi, marketing atau pemasaran adalah komponen kunci dalam mengubah seorang seniman menjadi bintang terkenal. Marketing ini merupakan sarana untuk menyuarakan hasil kerja keras dan bakat para pekerja seni khususnya musisi dan penyanyi ke jutaan fans yang potensial. Sebelum jaman internet belum begitu ramai, mungkin hanya menyertakan DJ dan stasiun radio, televisi dan pers. Hari ini, marketing sekarang terdiri dari outlet-outlet sosial media seperti Facebook, Twitter dan Instagram dan platform-platform musik digital lainnya seperti Tidal, iTunes, Soundcloud dan Spotify.

Hidup dalam dunia Sosial Media

Menurut Raffi Keuhnelian, CEO dari MusicPromoToday, “Social Media telah memungkinkan talen-talen musik dari seluruh dunia menjadi superstar dunia. Pikirkanlah seperti Justin Bieber, Adele atau The Weekend, mereka semua memulai karirnya dari online sosial media. Platform ini juga menawarkan para penggemar musik kemampuan untuk berinteraksi dan terlibat lebih dengan musisi favorit mereka.”

Dia melanjutkan, “para penggemar akan merasa mereka memiliki suara dengan adanya sosial media dan suara mereka bisa didengar. Para artis menggunakan sosial media untuk berkomunikasi dengan penggemar mereka dengan  memberikan update-update mengenai perilisan album mereka atau pertunjukan konser mereka yang akan digelar. Artis yang sukses adalah mereka yang dapat masuk dalam strategi pemasaran digital dan memperoleh banyak penghargaan dari pendekatan kreatif mereka.”

Pemasaran lewat sosial media juga menawarkan solusi biaya yang efektif untuk band-band musik dan manager mereka untuk membuat buzz. Untuk band-band yang akan datang yang masih bermusik di basemen rumah, ini adalah saatnya perubahan yang signifikan. Dengan potensi untuk menjangkau  jutaan audiens melalui retweet oleh seorang influencer besar, artis dapat dengan mudah meluncurkan karirnya bahkan sebelum mereka memulai karir.

Jangan hanya bergantung pada strategi promosi tradisional seperti dari mulut ke mulut, sekarang ini teknologi makin maju dengan adanya internet dan sosial media. Pikirkanlah: saat anda menyukai sesuatu, anda bagikan dengan teman anda hanya menggunakan tombol Share di akun sosial media anda.

Pemasaran Mobile adalah kuncinya

Hadapilah bahwa saat ini semua orang tentunya punya peralatan mobile. Kesempatan  yang anda miliki hanya beberapa jarak saja dari anda saat ini, kan? Mobile marketing ini menawarkan kemampuan unik untuk para pioneer musik dan band melibatkan fans mereka. Saat para fans sedang berada di tempat kerja mereka, mereka dapat check peralatan mobile mereka dan menemukan artis atau lagu yang belum pernah mereka dengar sebelumnya.

Sebelum jaman digital seperti sekarang ini, mereka harus mendengarkan radio untuk mendengarkan track-track baru. Sekarang, lewat online di segala macam poin selama sehari, mereka dapat menemukan band-band atau artis pendatang baru yang menarik perhatian mereka.

Video Marketing

Pemasaran lewat video telah muncul sebagai salah satu tool terbaik dari industri musik digital. Situs-situs seperti YouTube dan Vimeo memungkinkan para band untuk membuat konten visual dan mempostingkan ke jutaan orang. Hal ini menolong banyak artis-artis baru untuk lebih dikenal.

Kesimpulan

Pemasaran digital secara tidak meragukan telah mengubah  medan insutri musik saat ini. Kuncinya dengan tidak memandangnya sebagai ancaman, namun justru kesempatan besar untuk mempelopori para seniman dan timnya. Dari sosial media hingga pemasaran video, bakat-bakat baru dapat berkemang dalam industi musik digital ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *