Gereja Lutheran di Amerika Serikat Perkenalkan Musik Digital pada Jemaat

 

Compusiciannews.com -Sosial Budaya-Suasana gereja normalnya diciptakan dari arsitekturnya bangunannya, pemimpin gereja yang menggunakan dresscode layaknya pemuka agama di gereja dan diikuti dengan kotbah serta symbol salib yang selalu ada di depan mimbar gereja. Namun berbeda dengan gereja yang satu ini, sebuah gereja Lutheran yang bernama Our Redeemer, yang dimana jenis sinode gereja ini masih lekat dengan struktur tradisional dalam setiap ibadahnya seperti liturgy, hymn dan doa-doa, mulai memasuki gaya kontemporer yang modern dalam ibadahnya.

Musik yang menjadi bagian terpenting dalam peribadatan gereja ini menggunakan musik digital seperti layaknya gaya musik sekarang ini. Pada minggu (22/11) lalu, pertama kalinya gereja Lutheran ini memperkenalkan gaya musik digital kepada para jemaat yang hadir melalui instrumen organ yang baru.

“Organ terakhir yang kami miliki sudah berumur 25 tahun,” kata Dot Whiting, pimpinan musik tradisional di gereja itu yang terletak di Jln Main St. No 212,  kota Foxborough, Massachusetts, Amerika Serikat .. “Organ itu masih analog dan biasanya bisa bertahan 20-30 tahun, jadi kami pihak gereja sedikit mempertimbangkan masalah ini.”

Whiting, sebagaimana pimpinan ibadah kontemporer Phil DiCazio ingin mencari pengganti yang cocok untuk ibadah  dan juga ditambah instrument-instrument kontemporer seperti gitar, bass, dan drum dan oleh rekomendasi teman yang juga ahli instrument, gereja memilih Organ Rodgers dari M.Steinert dan Sons of Boston dan berakhir dengan menetapkan pada model 558.

“Organ ini memberikan fleksibilitas yang sangat penting untuk suasana ibadah di gereja ini,” kata DiCanzio. “MIDI menghasilkan serangkaian nada dan suara yang dapat melengkapi dan meningkatkan karya dari para instruemtalist dan para vocalist.”

Suara organ ini dapat menirukan trumpet, horn, dan suara-suara seperti halilintar, bubble, pesawat, tabrakan mobul dll. Dan juga organ yang dipakai sangat kompetible untuk USB.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *