Gitar 3D Karya Mahdi Hosseini dari Customuse

 

CompusicianNews.com –Artistik- Teknologi cetak 3D memiliki potensi untuk membantu anda membuat gitar impian anda dengan model biaya dari model custom shop yang tepat seperti yang ditawarkan oleh perusahaan pengembangnya di Inggris, Customuse. Dengan 3 stok desain yang tersedia, perusahaan akan segera membuka platform berbasis browser untuk kostumisasi penuh.

Pendirinya, Mahdi Hosseini berkata bahwa ide untuk Customuse hadir setelah kekasihnya tidak dapat menemukan gitar unik dan murah yang akan dijadikan hadiah oleh sang kekasih untuknya. “ Saya selalu memiliki passion untuk cetak 3D, sehingga saat kami sedang mendiskusikan masalah mengenai harga tinggi yang harus dikeluarkan untuk personalisasi gitar dikarenakan proses manufaturnya yang tidak efisien, saya selalu mendapat jalan keluarnya ditengah-tengah diskusi itu,” dia berkata. “Segalanya menjadi jelas, kenapa tidak menggunakan teknologi terbaru? Itu adalah ide yang mucul saat berpikir membuat gitar elektrik cetak 3D yang murah, unik dan personal.”

Seperti ciptaan yang keren dari Olaf Diegel, tidak semua yang diciptakan di Customouse itu adalah gitar dengan cetak 3D. body yang dicetak itu dibungkus dengan blok kayu, dan pada bagian leher gitar masih terbuat dari kayu dan pada bridge, pickup dan tuner masih seperti gitar pada normalnya dibuat.

“Kami menggunakan metode mesin SLS (Selective Laser Sintering) dengan alas yang dicetak cukup besar,” begitu kata Hosseini kepada media Gizmag. “Ini memungkinkan kami untuk mencetak body gitar dalam single piece dengan menggunakan nylon 12 powder dan kemudian akan menghasilkan body gitar yang kuat  dengan hasil akhir yang lembut khususnya pada bagian ujung yang melingkar. Kedepannya, kami bermaksud untuk menciptakan model alternatif yang tersedia untuk para pemain muda dengan menggunakan proses FDM (Fused Deposition Molding) yang lebih terjangkau. Namun, metode ini memiliki keterbatasann dan hasilnya tidak dapat menandingi model SLS yang sekarang ini.”

Perusahaan kini menawarkan model pre-desain, meskipun hanya 2 yang dicetak 3D sejauh ini. Tele-Shaped Sunrise dan Necromuse Les Paul. Untuk Tele-shaped Sunrise, dibuat dengan ukuran skala 25.5 inch yang dibuat dengan bahan dasar kayu pohon maple dan terdapat 2 Seymour Duncan Alnico II Pro Pickups, master volume dan knob kontrol, Bridge dan Gover Mini Rotomatic Inline tuner. Dan Necromuse Les Paul hadir dengan skala ukuran 24.75 inch dan lehernya terbuat dari kayu mahoni dan rosewood fingerboard, juga didukung dengan Seymour Duncan Alnico II Pro Pickups, Chrome Grover Mini Rotomatic Tuner dan bridge serta tailpiece standar.

Model ini sudah tersedia di pasaran, tepatnya di Etsy Store dengan harga US$ 2.500 untuk masing-masing model.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *