Google Mengeluarkan Algortima Terbaru Yang Anti Pembajakan

 

CompusicianNews.com -Industri- Sebuah update terbaru dari algoritma pencarian Google akan memberi dampak secara global untuk mengurangi tingkat pembajakan terhadap hak cipta. 

Pada bulan Agustus tahun 2012 yang lalu sebenarnya media seperti ini sudah akan dikeluarkan, media yang akan menurunkan peringkat website berdasarkan banyaknya catatan dari DMCA (Digital Millenium Copyright Act). Tetapi pada waktu itu RIAA (Recording Industry Asociation of America) menganggap media ini tidak akan memberi dampak untuk menurunkan tingkat pembajakan. Dan sekarang Google telah memperbaiki algoritmanya yang akan memberikan dampak nyata terhadap penurunan peringkat website-website “jahat”.

Dengan algoritma yang baru ini Google akan menurunkan peringkat website “jahat” yang mendapat banyak catatan dari DMCA dalam pencarian tentang musik, film, dan material lain yang mempunyai hak cipta. Google tidak bisa serta merta menghilangkan website tersebut dari pencarian karena dianggap tidak etis. 

Berdasarkan laporan pada bulan Agustus tahun 2014, Google rata-rata mendapat 1 juta permintaan per hari untuk menghilangkan beberapa website dari mesin pencariannya. RapidGator, 4Shared, Dilandau adalah 3 website yang paling banyak mandapat permintaan untuk dihilangkan dari pencarian Google, dengan masing-masing mendapat lebih dari 7 juta permintaan. 

Google sendiri dalam beberapa tahun terakhir ini telah memberikan royalti kepada para pemegang hak cipta pada Youtube dengan total mencapai 1 miliyar USD. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *