Google Rilis Hardware Magenta untuk Pertama Kalinya

 

Compusiciannews.com -Hardware- Tim dari proyek Magenta dari Google telah merilis hardware interface untuk synthesizer berbasis algoritma yang mengunakan jaringan dalam untuk menghasilkan suara-suara baru. Musisi dapat menggunakan jari mereka pada permukaaan layar sentuh penuh warna dari Nsynth (nama dari hardware yang dirilis proyek Magenta dari Google) untuk mengeksplorasi suara-suara unik dengan daftar yang ada pada sistem algoritma pembelajaran.

Interface Nsynth Super menawarkan para musisi cara baru dalam membuat musik mereka dengan menggunakan sistem syaraf untuk belajar karakteristik suara dari sumber-sumber yang berbeda dan menghasilkan suara yang benar-benar baru dari apa yang telah dipelajari. Projek ini menegaskan bahwa kreasi-kreasi baru bukanlah sebuah karya campuran biasa, namun karya yang benar-benar baru secara keseluruhan yang akan sulit untuk diproduksi menggunakan synthesizer tangan

Algoritma Nsynth mengidentifikasi dan mengekstraksi 16 fitur dari masing-masing input sumber suara.

“Fitur-fitur ini kemudian terinterpolasi secara linear untuk menghasilkan  embedding baru (representasi matematis dari masing-masing suara),” begitu penjelasan dari tim projek. “embedding-embedding baru ini kemudian di-decode ke suara-suara baru, yang memiliki kualitas-kualitas akustik dari kedua input.” Jadi, untuk contoh, suara yang baru saja dihasilkan akan memiliki kualitas seperti instrument flute dan sitar dan akan menjadi karya yang unik.

Sementara projek Magenta sedang mencari cara untuk berinteraski dengan algoritma NSynth, NSynth Super merupakan hardware interface pertama dan dikembangkan dalam kolaborasi dengan Google Creative Lab. Interface ini dapat dimainkan dengan berbagai sumber MIDI, seperti DAW, sequencer atau Keyboard dan algoritmanya dapat menghasilkan lebih dari 100.000 suara baru dengan mengambil suara dari sumber-sumber yang berbeda.

Dalam sebuah eksperimen, 16 sumber suara dari 15 pitch yang berbeda direkam dan kemudian masuk dalam algoritma Nsynth. Masing-masing tombol dari interface super ditugaskan ke 4 sumber suara yang berbeda. Karakteristik dari sumber suara yang dipilih dapat kemudian dimanipulasi dengan menggunakan layar sentuh untuk membuat suara-suara novel

Proyek ini telah membuat beberapa prototype dari NSynth Super dan meletakannya di tangan musisi, namun hardwarenya tidak akan dirilis sebagai produk komersial. Bagaimanapun, semua kode, skema dan template desain tersedia untuk diunduh dari GitHub.

Berikut ini video pengenalan tentang produk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *