Hari Buku Internasional, Perayaan Kebebasan Pengetahuan Umat Manusia

 

Compusiciannews.com -Sosial Budaya- Buku adalah jendela pengetahuan bagi setiap orang. Dengan membaca buku, wawasan dan rahasia dunia bisa terungkap disetiap benak para insan. Namun pernahkah terlintas dipikiran kita mengenai hari perayaan buku dunia?

Tepat hari ini (23/04)  dunia merayakan Hari Buku Dunia. Hari Buku Dunia merupakan perayaan para penulis, illustrator, dan pembaca buku di seluruh dunia. Perayaan ini dibentuk oleh badan PBB, UNESCO dan merupakan festival satu hari yang dirayakan oleh 100 negara di seluruh dunia.

Tema tahun ini adalah Share a Story, dan para orang dewasa, orang tua dan saudara kandung yang lebih tua didoronh untuk berpartisipasi dengan membaca dan membagikan kisah mereka. Para organizer akan mendorong seluruh bangsa untuk mengambil waktu 10 menit untuk mengenal dampak positif dari membaca pada anak-anak.

Siapa yang merayakan Hari Buku Dunia

Hari Buku Dunia dirayakan oleh para siswa-siswi sekolah di semua umur, dan hari buku dunia sendiri bertujuan untuk meneksplorasi buku dan memperkenalkan betapa menyenangkannya membaca buku.

Kapan perayaan ini dimulai?

Perayaan hari buku dunia mulai dikenal di Inggris Raya di abad ke-20 namun tanggal pertama kali dirayakan, yaitu pada 23 April 1995. Hingga saat ini sudah sekitar 2 dekade lebih perayaan Hari Buku Dunia dirayakan

Kenapa ada Hari Buku International?

Ide dari peryaaan hari buku di akhir bulan Aprik berasal dari penjual buku di Catalonia, Spanyol di tahun 1923 dimana seorang oenulis Vicente Clavel Andres ingin menghormati rekan penulisnya Miguel de Cerventes yang meninggal tepat pada tanggal 23 April dan tanggal itu juga berteptan padahari kematian William Shakespeare.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *