Hip-Hop, Genre Musik Paling Berpengaruh di Amerika Serikat Selama 50 Tahun Terakhir

 

Compusiciannews.com -Sains- Apakah menurut anda The Beatles dengan genre musiknya adalah yang paling berpengaruh dalam 50 tahun terakhir? Pikirkan lagi. Menurut studi ilmiah yang baru, musik hip-hop-lah yang menjadi pengaruh besar dalam dunia musik di Amerika Serikat sejak tahun 1960.

Para peneliti di University of London dan Imperial College menggunakan teknologi rekognisi musik untuk menganalisa variasi dalam chord, instrument dan harmony dalam sekitar 17,000 lagu dari 100 tangga lagu Billboard Amerika Serikat sejak tahun 1960 ke 2010, menurut laporan Associated Press.

“Untuk pertama kalinya kami dapat mengukur property musikal pada rekaman dalam skala besar,” Jelas  Matthias Mauch, seorang penulis ternama. “Kita sebenarnya dapat melebihi apa yang para ahli musik katakan pada kita dengan melihat langsung ke lagu-lagunya, mengukur make-up dan mengerti bagaimana mereka berubah.”

Para penulis menemukan 3 revolusi stylistic besar dalam musik pop amerika: rock and roll sekitar tahun 1964, new wave circa 1983 dan hip-hop di tahun 1991. Studi ini mencatat bahwa analisa tidak menunjuk asal-muasal gaya musikal, melainkan fokus pada saat suatu gaya menginfiltrasi tangga Billboard.

Laporan ini mendorong spot dalam ledakan musik pop dan mencatat bahwa  baik The Beatles maupun Rolling Stones tidak memulai revolusi rock Amerika. ”Sementara Inggris telah mengkontribusi revolusi ini, namun mereka tidak sepenuhnya bertanggung jawab atas revolusi ini,” begitu menurut laporan yang ada. 

Maka, apa yang para peneliti lakukan dengan memberikan acuan pada genre musik hip-hop? Perbedaan fundamentalnya dari musik pop termasuk kurangnya fitur seperti melodi vocal dan harmony, sebagaimana grafik yang menonjol yang dimulai pada tahun 1991. “Hip-Hop mengalami semacam ledakan tiba-tiba,” jelas sang penulis Armand Leroi ke ABC Science Australia.

“Dalam retrospeksi, sudah ada disana sejak bergejolaknya musik Hip-Hop di era 80an yang dimana musik Hip-Hop yang berasal dari musik jalanan New York dan Los Angeles menjadi mainstream secara tiba-tiba dan menguasai tangga lagu.”

Popularitas komersial Hip-Hop tentunya melonjak sebagaimana para artis dari genre tersebut, seperti LL Cool , Public Enemy, Ice Cube, Tupac dan Salt ‘n Pepa bangkit di era awal era 80an dan 90an. Dan dengan melihat sejarah ini, tidak mengaggetkan jika Hip-Hop memimpin tangga musik Amerika dan menjadi musik paling berpengaruh saat itu dan bahkan hingga sekarang. “Menurut saya, Hip-hop lah yang menyelamatkan tangga lagu musik,” kata Mauch kepada BBC.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *