Industri Streaming Menanjak, Adele Tetap Bersikeras Menolak Streaming

 

Compusiciannews.com -Industri- Nielsen Music mengeluarkan laporan akhir tahun 2015 dengan menyatakan industri musik Amerika Serikat g merupakan negara dengan permintaan streaming yang signifikan namun meskipun demikian, Adele masih menahan dari daya tarik industri ini

Jumlah lagu yang distreamingkan melalui platform audio dan video tahun lalu hampir berlipat ganda hingga 317,2 milyar lagu dari 164,5 milyar di tahun 2014. Berkat streaming, total konsumsi musik secara keseluruhan, termasuk unduhan digital, naik 15% tahun lalu dalam persamaan 550 juta album ( 10 track digital, atau 1,500 stream, sama dengan 1 album digital dalam pengukuran ini.) total penjualan album, termasuk CD, kaset, vinyl dan album digital turun 6%. Album digital turun 3% dan CD turun 11%. Penjualan track digital terpuruk hingga 13%.

Apa yang para fans ini streaming-kan? Hampir 70% dari stream on-demand adalah lagu-lagu yang sudah 18 bulan lamanya, bukan musik-musik baru. Dari semua data yang dikumpulkan menunjukan streaming dengan cepat menjadi format populer untuk para penggemar musik, bahkan meski merupakan bagian kecil dari pasar dan belum mainstream. Dan Spotify, Apple Music dan Tidal saling berkompetisi secara intense untuk pengguna streaming. Label rekaman besar menghadapi industri yang stagnant dengan melihat streaming menjadi kunci masa depan sebagaimana penjualan unduh digital dan CD turun.

Namun tantangan ini membuat para kostumer untuk membayar: YouTube dari Alphabet Inc mungkin menjadi pasukan terbesar dalam musik dimana mereka menawarkan video musik secara gratis meskipun juga memiliki layanan berbayar, YouTube Red. Spotify, layanan streaming terbesar di dunia, memiliki layanan gratisnya yang didukung oleh iklan. Hal ini membuat jengkel para label rekaman dan artis karena royalti yang diberikan  tidak berpengaruh banyak dalam jangka pendek kecuali untuk bintang-bintang besar dalam industri.

Meskipun penjualan album turun 6% tahun lalu, namun tidak lebih besar saat di tahun 2014, yaitu tunrun 11%. Penjualan Vinyl, format yang berkembang lainnya mengalami pertumbuhan yang pesat dalam 10 tahun dengan naiknya penjualan sebesar30%  dengan jumlah 11,9 juta copy, dari 9,2 juta di tahun 2014. Hampir separuh dari penjualan Vinyl datang dari toko-toko rekaman independen dan hampir 70% dari apa yang dijual adalah musik rock.

Album Adele terbaru, 25 meratui dalam minggu pertama perilisannya dan menjadi album terlaris pada 2015 dengan 7,4 juta copy terjual secara fisik dan secara digital. Itu adalah angka yang spektakuler dalam industri ini. Dalam waktu 6 minggu, Adele berhasil menjual banyak albumnya dibanding siapapun.

Pada akhir tahun 2015 lalu, industri musik juga dikagetkan dengan berita The Beatles yang memperbolehkan albumnya distreamingkan namun hal itu tidak mengubah tekad Adele untuk tetap menjauhkan albumnya dari layanan streaming karena bagi dia platform streaming adalah tempat buangan jadi penyanyi 27 tahun asal Inggris itu tetap menggunakan cara tradisional yaitu penjualan fisik dan unduh digital karena dia yakin penjualan albumnya akan terus meningkat tanpa bantuan platform streaming.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *