Jambe, Perkusi Eletronik Dengan Kemasan Tradisional

 

Compusiciannews.com -Instrument-Instrumen tabuh Jambe mencoba beralih ke instrument yang memadukan drum elektrik, handbanger dan finger tapper menjadi sebuah perskusi yang terlihat tradisional. Pembuatnya berkata babhwa kombinasi khusus material dan sensor yang memungkinkan untuk membaca setiap nuansa permainan, mengubah pukulan keras dari stick drum menjadi suara halilintar atau suara yang lembit dari tabuhan jari yang ringan dan tentunya dengan bantuan dari iPad atau iPhone.

“SensorPoint yang ada didasari pad aide pengembangan produk yang mengintegrasi alat-alat elektronik dengan objek sehari-hari,” kata John Washington dari perusahaan pengembang kepada media Gizmag.

“Esensialnya, saya mencoba menjembatani celah antara para pembuat dan dunia music production yang professional. Kami mengalami pendekatan dalam hal masalah konsultasi pada desain instrument musik. Mark Bain, rekan pendiri saya dan saya sendiri memliki latar belakang dalam hal musik, sehingga sepertinya ini terlihat sempurna.”

Drum ini disebut Jambe, instrument digital yang dirancang supaya terlihat dan terasa seperti drum tradisional dan memungkinkan para perkusionist mencurahkan keahlihannya langsung atau mungkin ada yang ingin belajar dari awal dalam mebuat teknik permainan baru.

Tim desain berpendapat bahwa masing-masing sensor mampu mendeteksi lebih dari ribuan tabuhan dengan tekanan yang berbeda level, serta sentuhan dan hentakan dapat deprogram kedalam sistem.

Dimana beberapa drum elektronik dapat menjalankan gate time atau durasi default untuk menspesifikasi durasi nada setelah hentakan pada permukaan dideteksi, dengan Jambe para pemain dapat meneruskan suara sampai tekanan pada pad dilepaskan, dan ini hampir sama dengan teknik permainan Keyboard. Tim SensorPoint saat ini sedang mengerjakan modulasi tambahan yang sama dengan polyphonic aftertouch.

Jambe ini dapat ditempelkan pada stand drum standard untuk integrasi kedalam akustik lengkap atau digital kit atau digunakan sebagai instrument stand-alone yang ditempatkan pada pangkuan pemain. Alat ini menampilkan konektor RJ-45 di bagian bawah, salah satu terhubung ke kabel penghubung dan lainnya untuk ekspansi masa depan.

Kabel penghubung ini memiliki input port dengan adapter utama sebesar 5 V, Mini-USB Port dari proses koneksi ke iPad atau iPhone dengan menggunakan Apple Lightnig ke USB Camera Adapter dan  dua jack berukuran 3,5 mm untuk pedal jenis FSR. Dan juga audio output dari 3,5 mm jack untuk iPad dan iPhone.

Kampanye alat ini akan direncanakan ada akhir April ini, tepatnya pada tanggal 28 April 2015 dan dengan harga special, yaitu sebesar US$ 499 dimana anda dapat hemat US$ 300 dari harga yang diharapkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *