Jamie Foxx Dituntut Atas Penyalahgunaan Hak Cipta

 

CompusicianNews.com –Industri- Kurang dari seminggu setelah Jamie Foxx merilis lagu pertamanya setelah selama 4 tahun vakum, aktor dan musisi pemenang Oscar ini terseret dakam suatu kasus yang berkenaan dengan perilisan single terbarunya.

Perkara yang diajukan oleh Nontra Record pada hari Kamis (18/09) yang dilayangkan kepada Jamie Foxx, DJ mustard dan 2 Chainz atas single mereka berjudul “Party Ain’t a Party,” diduga melanggar hak cipta karena musik instrumennya dinilai mirip dengan instrumen yang diberikan kepada artis penyanyi lain, J Rand.

Menurut keluhan yang ada, DJ Mustard mengirimkan kepada perusahaan rekaman J Rand, Poe Boy Music Group untuk dapat dikerjakan sebagai materi dasar untuk perilisan lagu J Rand. Kemudian sang artis mengerjakan rekamannya dengan akornya sendiri dan Poe Boy “memperoleh kepemilikan dalam hak cipta rekaman”

Nontra Record sebagai pihak penggugat berkata, hal ini mengakuisisi semua hak saat dimasukan dalam kontrak J Rand dari Poe Boy. Sebagai promosi, stasiun radio California hendak mempromosikan lagu J Rand yang diciptakan oleh DJ Mustard November tahun lalu namun Nontra berkata perjanjian ini gagal dalam memenuhi DJ Mustard dalam kampanye promosinya. Dia meninggalkan radio secara diam-diam dan gagal meresponi tindakan kedepan mereka, begitu  duduk perkara yang menjadi bahan gugatan.

Kemudian lagu Foxx muncul dengan memberikan instrumental credit kepada DJ Mustar yang penggugat catat memiliki kesamaan dengan karya J Rand. Dan tidak hanya instrumentalnya, namun kata-katanya juga sama

Penggugat meminta setidaknya US$ 150.000 dari tergugat atas hak penyalahgunaan hak cipta. Sengketa ini juga membawa klaim penyalahgunaan kontributor hak cipta atas Foxx karena sudah mendistribusikan karyanya yang dianggap pelanggaran secara luas.

Berikut ini adalah lagu yang menjadi sengketa:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *