Jay Z Vs Drake, Pertarungan 2 Rapper Dalam Industri Musik Digital 2015

 

Compusiciannews.com -Industri- Saat ini anda telah mendengar bahwa Apple masuk dalam layanan subskripsi. Pada tanggal 8 Juni 2015 lalu, Apple menyatakan inisiatif barunya, Apple Music di acara tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) di San Fransisco. Layanan ini akan diluncurkan dalam bentuk fitur baru pada 30 Juni mendatang dan penggunaannya akan dikenakan biaya berkisar US$9.99-US$14.99 per bulan. Tentunya meluncurkan inisiatif musik tidak akan lengkap tanpa kehadiran sang mega bintang untuk turut andil. Apple menggaet Aubrey ‘Drake’ Graham untuk bergabung bersama tim-nya dan saat pidato pada peluncuran tanggal 8 Juni lalu, dia berkata “Sebagai seorang artis saya dapat berkata, untuk semua hadirin baik yang dirumah atau yang hadir dalam acara ini, sungguh luar biasa bisa bergabung bersama tim yang sangat saya percayai.” Begitu kata Drake, “Ini adalah sesuatu yang menyederhanakan segala sesuatu untuk musisi modern seperti saya sendiri dan konsumen modern seperti anda.”

Pada awal Maret, Jay Z mengumumkan inisiatifnya yang sama, Tidal yang menggaet Madonna dan untuk layanan dengan biaya sekitar US$9,99 hingga US$ 19.99 per bulan dan menghasilkan audio dengan kualitas high-fidelity ditambah dengan konten eksklusif, layanan ini sangat terlihat mewah. Menurut media Billboard, Drake secara inisial sebelumnya telah ditawar Tidal dan  sang rapper ini direncanakan akan bermitra dengan perusahaan namun tiba-tiba ia membatalkan 2 hari sebelum Tidal diluncurkan dan begitu cepatnya sang rapper ini menerima tawaran Apple Music pada bulan Juni ini.

Kita telah memasuki era baru dalam industri musik dan era baru industri musik ini hadir dengan persaingan yang berbeda karena persaingan ini terjadi di dunia maya. Sekarang ini, situs berbagi File dan teknologi-teknologi baru lainnya telah mengarahkan kesukaan para rapper dan arena dimana mereka bertarung. Artis seperti Jay Z dan Drake akan memperoleh dominansi melalui komersialitas, streaming dan membawa diri mereka ke merk yang benar. Ini adalah pertarungan hip-hop dalam jaman internet.

Pada jaman sekarang ini, lagu rap yang dibuat tidak memiliki efek yang sama dalam hal profitabilitas. Perusahaan dan layanan streaming, seperti Spotify, Tidal dan sekarang Apple Music telah benar-benar mengubah industri musik. Menurut laporan Nielsen Music U.S, streaming On-Demand naik hingga 54%. Dengan jelas disana terdapat kesempatan fenomenal untuk pertumbuhan maka dari itu saat ini persaingan dunia musik digital semakin sengit dan sengit, siapakah yang akan jadi juaranya? Just Let’s see!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *