KFC, Warung Ayam Yang Menjelma Jadi Distributor Musik di Indonesia

 

CompusicianNews.com -Industri- Seiring dengan berkembangnya distribusi musik secara digital, penjualan album musik secara fisik dalam bentuk CD/DVD semakin berkurang. Akibatnya toko-toko penjual CD album musik pun mulai gulung tikar. Hal ini membuat label-label musik mencari cara agar bisa mendistribusikan musik mereka secara fisik.  Dan akhirnya solusi datang dari restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken yang menawarkan diri untuk menjadi distributor album musik di Indonesia.

Dimulai pada tahun 2008, KFC menjadi distributor bagi para artis-artis ternama negeri ini. KFC menyadari persaingan bisnis restoran semakin sengit oleh karenanya KFC harus membuat sebuah inovasi baru agar dapat terus eksis, terutama untuk anak-anak muda. Dan dengan menjadi distributor musik, KFC berhasil meningkatkan penjualan produk makananya dan sekarang sudah menjadi lifestyle dikalangan pemuda.

Pada awalnya KFC memang merasa sulit untuk menggaet label-label musik besar, tetapi dengan perjuangan keras sekarang sudah ada beberapa label yang bekerja sama dengan KFC antara lain Sony Music dan Aquarius. Artis-artis yang bekerja sama dengan KFC merasa cara ini sangat efektif untuk menaikan penjualan musik mereka. Album dari Agnes Monica tercatat sudah terjual 1,9 juta keping lewat KFC, penjualan album dari Indah Dewi Pertiwi juga pernah mencapai angka 1juta keping. Cinta Laura yang dulu awalnya dikenal sebagai pemain sinetron kini lebih dikenal sebagai penyanyi berkat KFC yang membantu penjualan lagunya yang mencapai 90ribu keping/bulan. 

Outlet KFC yang tersebar diseluruh pelosok negeri ini sangat menarik bagi label dan artis untuk bekerja sama. Mengingat toko-toko penjual CD yang jumlahnya sekarang sudah tidak banyak lagi. Label dan artis dapat memasarkan karyanya di manapun KFC berada.

Kini sederet artis ternama seperti Ungu, Afgan, Slank, Ahmad Dhani, Citra Scholastika, Duo Maia, Armada, Elemen, Rossa, Ruth Sahanaya, Fatin, Ari Lasso sudah memasarkan album mereka lewat outlet KFC di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *