KOMPLETE Kontakt 10 Ultimate

Compusiciannews.com -Review-  KOMPLETE adalah sebuah software virtual instrumen masif yang didalamnya kumpulan koleksi 75 buah software virtual instrument keluaran Native Instrumen (NI).

Komplete Kontakt 10 Ultimate, mencakup software instrument drum, string section, piano akustik, retro sound, synthesizer, brass section, sampling gitar, bass, sound efek, hingga prosesor efek. Software masif ini dapat dimanfaatkan untuk aplikasi produksi musik, studio, rekaman, film scoring, atau jingle.

Kumpulan software instrumen yang mencapai kapasitas lebih dari 440 GB dan dikemas dalam bentuk hard disk sebagai pengganti 100 buah DVD. Tentunya proses instalasi ke dalam hard disk komputer berbasis Windows atau Macintosh menjadu jauh lebih praktis.

PIANO

Komplete 10 Ultimate bisa diintegrasikan dengan software DAW (Cubase, GarageBand, ProTools, dll) atau bisa dimanfaatkan sebagai stand alone software untuk kebutuhan live performance. Kumpulan koleksi software instrument musik yang didalamnya adalah multi-sample bisa menghasilkan data audio hingga 440 GB. Oleh karenanya, sebagian besar sound, khususnya sound akustik memiliki kualitas sangat detail.

Kami memilih sound piano akustik, salah satu kategori signatur Alicia Keys, hasilnya cukup realistis dan musikal. Karakter resonansi piano dan hammer attack memberikan kesan akustikal. Sound piano kategori ini sangat menyenangkan dan ideal digunakan untuk kebutuhan recording atau live. kualitas sampling piano akustik benar-benar dirancang secara serius, menunjukan bahwa Komplete 10 Ultimate merupakan software instrumen piano yang berkelas.

  

Beranjak dari sampel piano Alicia Keys menuju kategori jenis piano akustik lainnya, sifatnya lebih umum dengan suguhan koleksi sound piano akustik jenis up-right dan grand piano. Koleksi sampling piano akustik dinamakan kategori The Grandeur dan The Gentlemen.

Khas instrument akustik dari sejumlah pilihan cukup kental dari oktaf terendah  hingga tertinggi. Kedua kategori ini, menyajikan koleksi sound piano akustik kaya harmoni seperti aslinya. Kita bisa mendapatkan sound berkelas untuk kebutuhan rekaman dan tidak diragukan.

DRUM

Diluar unsur piano kami menuju koleksi sound drum akustik dengan berbagai pilihan. Pilihan set drum yang menarik dan berkualitas, seperti koleksi set drum Abbey Road Studio, cukup keren dan hidup.

Setiap komponen drum (tom, snare, kick, cymbal, dan hi-hat) sangat natural. Kami bisa memainkan velocity untuk mendapatkan akses sound yang lebih hidup, layaknya pemain drum sungguhan. Anda dapat mengatur tone dari tiap komponen drum. Begitu pula ambient ruangan yang dapat diatur sesuai keinginan. 

SYNTHESIZER

Sejumlah pilihan sound synth diadopsi dari software NI lainya, diantaranya AB Synth 5, FM8, dan Reaktor yang dikumpulkan dalam kategori Razor dan Monark. Kami bisamendapatkan banyak pilihan sound synth modern nan agresif. Software ini menyediakan sound synth dari yang vintage hingga yang modern. Namun perlu kita ingat, sejumlah sound vintage justru digunakan untuk kebutuhan arransemen modern seperti, R&B, dance music, hip-hop oleh musisi saat ini.

 

Proses editing cukup mudah kami operasikan yang dikontrol dari keyboard controller NI Komplete Kontrol 46. Beragam virtual vintage synth, seperti Minimoog yang dikemas dalam bentuk digital berikut tampilan parameter synth menarik. 

Pada kategori synth lainnya, kami juga dapat memilih banyak sound synthesizer modern yang menampilkan sound-sound pad unik dan futuristik. Dan jika anda menggemari hal tersebut, anda bisa mendapatkanya pada Kontour, buah karya Stephan Smitt dan beberapa sejumlah kategori synthesizer dengan tampilan grafis full color dan nyaman dilihat.

MUSIK FILM

Kebutuhan sound untuk film dan orkestra banyak kami dapatkan pada kategori Action String. Kumpulan sampling alat musik gesek yang real dan alami. Dari kategori ini, kita dibantu dengan preset phrase musik atau arpeggio string yang bisa diubah temponya.

Kumpulan phrase musik string section cukup beragam dan inspiratif, bisa dimanfaatkan sebagai instrumen untuk ilustrasi musik film berbasis sound orkestra yang musikal dan hidup. Selain itu, kami mendapati ratusan sound sampling untuk kebutuhan sound FX untuk aplikasi film. Koleksi sound FX dari kategori Rise & Hit dan Kinetic Metal menghasilkan suara-suara unik dengan unsur dramatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *