Keluarga Michael Jackson Protes Acara TV Karena Langgar Hak Kekayaan Intelektual

 

Compusiciannews.com -Kabar Selebriti- Keluarga dari mendiang Michael Jackson melayangkan kritikan keras pada sebuah tayangan televisi yang membahas tentang the King of Pop, lantaran acara itu dinilai mengeksploitasi nama besar sang penyanyi.

Stasiun televisi Amerika, ABC, mengatakan acara The Last Days of Michael Jackson akan menayangkan wawancara yang belum pernah dilihat sebelumnya dan kesaksian operator tur yang berasa di luar kediaman Michael Jackson di California pada hari ia meninggal dunia.

Keluarga Jackson telah mengeluarkan sebuah pernyataan yang berisi bahwa acara yang dijadwalkan tayang Kamis (24/5) tersebut “tidak mendapat dukungan atau persetujuan dari keluarga” sang bintang pop sensasional.

ABC, yang berada di bawah kepemilikian Disney, belum memberikan tanggapan apapun, namun stasiun TV itu dituduh telah menggunakan foto yang dilindungi hak cipta dan gambar siluet pada trailer dan segala bentuk promosinya tanpa izin meski kini sudah dihapus dari program yang secara khusus menyorot hari-hari terakhir penyanyi yang mempopulerkan gerakan moonwalk.

Dalam pernyataan dari keluarga Jackson tertulis, “Kami diberi tahu, ABC bermaksud menggunakan musik dan kekayaan intelektual lain yang dimiliki oleh keluarga (Jackson) seperti foto, logo, karya seni, dan lain-lain dalam program itu, tanpa meminta izin atas penggunaan materi tersebut,”

“Bayangkan jika ini terjadi pada kekayaan intelektual ABC sendiri. Kami yakin acara ini merupakan sebuah usaha yang kasar dan tak berizin untuk mengeksploitasi kehidupan, musik, dan gambar Michael Jackson tanpa menghormati peninggalan Michael, hak kekayaan intelektual, atau putra-putrinya.”

Sepanjang karirnya, album Michael Jackson telah terjual sebanyak 350 juta kopi, termasuk “Thriller” yang menjadi album terlaris sepanjang masa.

Pelantun Heal the World itu juga berhasil mengoleksi 13 penghargaan Grammy, menempatkan 13 hits-nya pada posisi teratas tangga lagu Amerika Serikat, dan menjadi artis pertama dalam sejarah yang single-nya menduduki sepuluh teratas tangga lagu Billboard Hot 100 di lima dekade berbeda.

25 Juni 2009, dunia digemparkan oleh berita berpulangnya Michael Jackson yang saat itu berusia 50 tahun. Ia meninggal di tengah persiapannya untuk tampil pada konser di London yang menjadi awal tur konsernya,This Is It. Diketahui, overdosis anestesi berupa propofol menjadi penyebab kematiannya. Dokter pribadi Michael Jackson, Conrad Murray, dinyatakan bersalah atas pembunuhan tak disengaja dan menjalani hukuman dua tahun penjara akibat keteledorannya dalam memberikan dosis obat yang berujung maut bagi the King of Pop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *