Konten Musik Gratis Akan Dihapus?

 

Compusiciannews.com -Isu Terkini- Seorang pengamat dari industri streaming musik memperkirakan adanya penghapusan layanan musik gratis untuk waktu yang akan datang.

Kebanyakan ‘layanan’ disana dalam mengkorporasi dunia tidak hanya semata-mata melayani khalayak ramai. Mereka memiliki motif spesial untuk menghasilkan keuntungan untuk penyedia layanan. Industri musik bukanlah pengecualian, karena kebanyakan perusahaan telah melihat keuntungan jatuh tajam, dan akhirnya membuat mereka mengubah strategi bisnis mereka.

Menurut Bob Lefsetz, pakar industri musik masa depan, pengguna mungkin harus membayar harga supaya dapat memperoleh musik gratis dari jaman sekarang dan untuk mengakses library musik seperti Spotify dan YouTube.

Alasan utama dibalik penghapusan streaming gratis ini kemungkinan adalah keuntungan yang tidak memuaskan. Sebagaimana layanan gratis ini membuat orang jarang beli album padahal label memperoleh keuntungannya dari penjualan album sebagai pembanding dengan streaming.

Lefsetz menuliskan pernyataannya yang diterbitkan hari Minggu (12/04) lalu:

Jimmy Iovine dan label-label besar berkonspirasi untuk menghapus layanan gratis, tidak hanya pada Spotify namun juga pada YouTube.

Apple saat ini sedang melakukan negosiasi dengan label musiksebagaimana mereka ingin menghapus layanan gratis dan ingin membuat sebuah keadaan baru dimana para pengguna harus membayar musik yang mereka dengar, begitu pernyataan dari Lefsetz. Jika hal itu terjadi, kasus penyalahgunaan hak cipta akan semakin bertambah banyak.

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *