Kurv Guitar, Melahirkan Gitaris-Gitaris Virtual di Era Digital

 

Compusiciannews.com -Gadget- Baru beberapa bulan setelah perilisan Air Guitar World Champion, sebuah sistem nirkabel baru dilucurkan di Kickstarter yang ditujukan untuk memberikan musisi virtual sebuah kesempatan untuk bermain musik karya mereka sendiri atau original. Kurv Guitar merupakan instrument gitar virtual yang memiliki sistem yang dibuat  dari pemetik udara yang berbentuk seperti picker dan juga memiliki fingerboard virtual handheld ditambah dengan sentuhan, gerak dan gesture untuk menghasilkan nada-nada berdasarkan aksi dari pemain.

Cukup mudah digunakan dan hasil nada-nada yang dihasilkan sama dengan memainkan intrumen gitar pada umunya. Pengembangannya yang dimulai sejak 2013, sistem Kurv dibuat dari 3 komponen, yaitu chunky triangular pick, fingerboard sentuh dan aplikasi iOS bawaannya.

“Kami memulai dengan melihat survey bagaimana posisi tangan gaya orang-orang dalam memainkan gitar,” kata Tania Fauvel, perancang hardware. “Jari anda dapat dengan nyaman menyentuh 8 tempat yang berbeda dari telapak tangan anda. Dalam musik barat, terdapat 8 notasi dalam sebuah oktav, 8 notasi dalam sebuah skala dan 8 chord dalam sebuah kunci.”

Picker-nya dapat meregister-kan pegerakan pemain dan semakin keras dia memetik, semakin keras suara yang dihasilkan, 8 tombolnya memungkinkan pemain untuk menekan dengan jari mereka untuk memainkan kord atau notasi dan bahwakan dapat memanipulasi nada. Komponen dari Kurv ini juga mendukung gyros, akselerometer, magnetometer dan sensor sentuh. Pengguna Kurv dijanjukan 5 jam penggunaan berkelanjutan sebelum baterai diisi ulang.

Pick dan papannya berpasangan dengan platform iOS 8 atau diatasnya lewat Bluetooth 4.0, yang dapat mengubah semua sistem gitar diubah menjadi magic sonic menggunakan aplikasi bawaan yang menyertakan mesin synthesis musik yang maju. Aplikasi Kurv ini hadir dengan 60 lagu populer untuk dimainkan .

Secara natural, dalam instrument digital berarti para pemain tidak mengalami keterbatasan terhadap suara gitar, namun dapat secara potensial memainkan play air drum, cello, violin atau saxophone juga. Terdapat juga built-in tutorial dalam bentuk aplikasi yang akan memonitori  pemain. Kurv juga compatible dengan MIDI yang memungkinkan digunakan sebagai software controller yang memiliki fungsi seperti Garageband, Logic Pro dan Ableton Live.

Jika sesuai rencana, pemasaran akan dimulai bulan September 2016 dengan harga kira-kira serendahnya US$180.  Berikut ini video demo-nya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *